PT Best Profit Futures Jambi

4 Negara yang dikunjungi Habib Rizieq dalam pelarian

BEST PROFIT – Polisi telah menetapkan Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka dalam dua kasus. Di Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan chat dengan wanita bernama Firza Husein dan di Polda Jawa Barat dalam kasus dugaan penodaan Pancasila. Polisi telah memasukkan habib Rizieq ke daftar pencarian orang (DPO).

Namun sebelum ditetapkan tersangka, Habib Rizieq berangkat umroh ke Arab Saudi di awal Bulan Mei 2017. Sejak saat itu, dia belum mau kembali ke Indonesia.

Lewat kuasa hukumnya Eggi Sudjana, Habib Rizieq menyatakan siap pulang ke Indonesia dengan syarat polisi tak menahan dirinya.

Habib juga mengaku pergi ke luar negeri bukan karena takut. Dia hanya khawatir pendukungnya akan bertindak karena kecewa atas penetapan dirinya sebagai tersangka.

“Kita menjamin kehadiran Habib Rizieq, datang, asal pihak kepolisian juga menjamin kehadiran Habib tidak ditahan,” kata Eggi tanggal 1 Juni 2017 lalu.

Sebelumnya, Habib Rizieq juga sudah membantah soal chat dan kebenaran rekaman percakapan dirinya dengan Firza. Menurutnya, rekaman tersebut merupakan fitnah.

Berikut beberapa negara yang dikunjungi Habib Rizieq:

1. Arab Saudi

Habib Rizieq berada di Arab Saudi sejak bulan Mei 2017. Awalnya dia mengantongi visa umroh untuk 30 hari. Namun menurut Habib Rizieq, visa itu bisa diperpanjang karena dia dekat dengan keluarga kerajaan Saudi.

“Dia pernah bilang juga sama saya, ‘saya gampang kok dapat tambahan visa,’ karena dia kan aksesnya dekat sama Raja,” kata Eggi Sudjana.

Di Arab Saudi, selain beribadah Habib Rizieq juga berkonsultasi dengan para kuasa hukumnya. Sejumlah politikus sempat menengok Habib Rizieq di Arab Saudi. BESTPROFIT 

Di antaranya ada Wakil Ketua DPR Fadli Zon, sesepuh PAN Amien Rais, ketua majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufrie dan Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini. Lalu pada bulan Oktober lalu La Nyalla Mattalitti juga sempat bertemu Habib.

2. Malaysia

Habib Rizieq sempat pergi ke Malaysia bulan Mei 2017 lalu. Dia mengaku ingin menyelesaikan kuliah Doktoralnya di sana.

“HRS saat ini kandidat doktor pada Dakwah dan Manajemen Islam Universitas Sains Islam Malaysia. Disertasinya sudah 70 persen,” ujar Kepala Program Dakwah dan Manajemen Islam USIM, Associate Proffesor Dr Kamaluddin Nurdin Marjuni di Kuala Lumpur.

Pria asal Indonesia alumni Universitas Al-Azhar Kairo Mesir tersebut saat ini menjadi promotor pertama Habib Rizieq sedangkan promotor kedua Dr. Ahmed Abdul Malik dari Nigeria.

Kamaluddin mengatakan HRS memulai S3 pada September 2012 di Universiti Sains Islam Malaysia di Program Dakwah dan Pengurusan Islam, Fakulti Kepimpinan dan Pengurusan.

Dia mengatakan HRS saat ini sedang berada di Malaysia beberapa hari secara intensif berjumpa dengan dua orang promotor untuk konsultasi desertasi.

Namun Habib Rizeq tak lama berada di Malaysia. Dia kemudian kembali ke Arab Saudi.

3. Yaman

Habib Rizieq juga pernah pergi ke Yaman. Bahkan dia merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah bersama keluarganya di Kota Tarim, Provinsi Hadramaut. Di kota seribu wali itu, Habib Rizieq mengaku ingin menemui guru-gurunya. Menantu Habib Rizieq juga ada yang tinggal di sana.

Kuasa hukum Habib, Kapitra Ampera menyebutkan tidak ada agenda khusus, selain bersilaturahmi selama berada di Yaman. Habib Rizieq hanya beberapa hari di Yaman, sebelum kembali lagi ke Arab Saudi.

“Dia bersilaturahmi. Tapi dia khusus bersilaturahmi ke gurunya, Habib Umar,” kata Kapitra.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Sobri Lubis mengatakan bahwa saat ini Habib Rizieq Shihab sedang berada di Yaman. Sobri mengungkapkan kondisi Rizieq sehat dan tenang.

“Sangat senang beliau di sana (Yaman), tidak ada permasalahan,” kata Sobri di AQL Islamic Center, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (27/6).

Turki

Habib Rizieq dan keluarganya diketahui tengah berlibur ke Turki. Kuasa hukum Habib Sugito Atmo Pawiro membenarkan hal itu.

“Wisata, melihat peninggalan zaman Utsmani,” kata Sugito saat dikonfirmasi, Sabtu (13/1).

Di salah satu foto, Habib Rizieq dan keluarga terlihat berpose di tengah salju. Dalam foto itu, Habib Rizieq bersama istrinya dan tiga wanita diduga adalah anaknya. PT BESTPROFIT

“Ya itu kan hak mereka (wisata), masa iya kita larang sih,” kata Argo Yuwono saat ditemui merdeka.com.

Argo menegaskan, polisi tak akan melakukan penjemputan paksa terhadap pentolan FPI itu. Polisi lebih memilih menunggu niat baik Rizieq untuk pulang.

“Nggaklah (jemput paksa), kita tunggu saja dia pulang,” ujar Argo.

Sumber: merdeka.com