PT Best Profit Futures Jambi

$47 Miliar, Mahar dari Anthem untuk Miliki Cigna

DepositPeta persaingan di industri asuransi kemungkinan bergeser dalam waktu dekat. Prediksi ini terkait dengan niat raksasa asuransi asal Amerika Serikat (AS), Anthem Inc, untuk memiliki bisnis milik Cigna Corp dengan nilai mahar mencapai US$47 miliar (kas dan saham).

Anthem memendam ambisi untuk menyatukan bisnisnya dengan Cigna, karena ingin mendulang laba dari asuransi badan-badan pemerintah. Seperti diketahui, Cigna merupakan salah satu perusahaan yang mengurus asuransi untuk PNS dan memiliki spesialisasi proteksi karyawan. Anthem sudah mengajukan empat penawaran selama 2015 tetapi kesepakatan belum tercapai karena ada perbedaan visi penentuan pos pimpinan. Kedua pihak masih bingung menentukan posisi yang pas bagi CEO Cigna, David Cordani, di perusahaan hasil merjernya nanti.

Anthem sudah menyodorkan tawaran akuisisi yang lebih update kepada Cigna yakni $184 per saham pekan lalu. Jumlah itu lebih tinggi 18% dibandingkan harga penutupan saham Cigna pada sesi perdagangan Jumat lalu ($155,26 per saham). Adapun skema penawarannya terdiri dari 68,6% uang cash dan sisanya 31,4% berbentuk saham. Kolaborasi Anthem dan Cigna akan memperkuat basis perusahaan merjernya menjadi 53 juta pemegang polis dari berbagai sektor mulai dari perorangan, pemerintahan hingga consumer dengan omset tahunan menembus $115 miliar. (dim)