PT Best Profit Futures Jambi

6 Fakta Dibalik Keberhasilan Real Madrid Menjuarai Liga Champions

013194400_1464478907-2016-05-28T222304Z_521257683_S1AETGSJYEAA_RTRMADP_3_SOCCER-CHAMPIONS-REA-ATMBestprofit – Real Madrid berhasil merengkuh trofi juara Liga Champions musim ini, usai membungkam Atletico Madrid lewat drama adu penalti dengan skor 5-3. Bagi Madrid, ini adalah gelar ke-11 di Liga Champions.

Menghadapi Atletico pada partai final di San Siro, Minggu (29/5/2016) dini hari WIB, Madrid mendapatkan perlawanan sengit. Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, Los Blancos mencatatkan 46 persen penguasaan bola berbanding 54 persen milik Los Rojiblancos.

Namun demikian, Madrid memperoleh delapan peluang bagus dari 25 tembakan. Sementara itu, Atletico Madrid melepaskan 18 tembakan di mana empat yang mengarah ke gawang.

Kendati memperoleh banyak peluang bagus, Real Madrid harus puas bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit. Madrid unggul lebih dulu berkat sontekan Sergio Ramos menit ke-15. Tetapi, Atletico sukses menyamakan angka setelah Yannick Ferreira-Carrasco mencetak gol menit ke-79.

Skor sama kuat membuat penentuan pemenang harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Los Blancos pun keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 5-3.

Lima penendang Real Madrid, yakni Lucas Vazquez, Marcelo, Gareth Bale, Sergio Ramos, dan Cristiano Ronaldo berhasil membobol gawang Atletico. Sementara itu, algojo penalti Atletico Madrid hanya Antoine Griezmann, Gabi, dan Saul Niguez yang mampu mencetak gol, sedangkan sepakan 12 pas Juanfran menerpa tiang gawang.

Hasil impresif tersebut membuat Madrid sukses menutup musim ini dengan meraih gelar juara. Sebab, skuat asuhan Zinedine Zidane tersebut gagal menjadi kampiun di La Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Berikut ini enam fakta menarik keberhasilan Real Madrid mengukir undecima atau gelar ke-11 di Liga Champions:
1. Zinedine Zidane adalah pelatih asal Prancis pertama yang berhasil meraih trofi Liga Champions.

2. Zidane juga adalah sosok ketujuh yang mampu merengkuh trofi Piala/Liga Champions sebagai pemain dan pelatih. Sebelumnya ada Miguel Munoz, Giovanni Trapattoni, Johan Cruyff, Carlo Ancelotti, Frank Rijkaard, dan Pep Guardiola.

3. Real Madrid tidak pernah mengawinkan lima trofi Liga Champions terakhir dengan gelar La Liga. Saat menjuarai Liga Champions musim 1998, mereka finis di peringkat empat klasemen La Liga, musim 2000 bercokol di urutan lima, musim 2002 berada di posisi tiga, musim 2014 menempati tempat ketiga, dan musim ini menutup La Liga di peringkat kedua.

4. Real Madrid kini telah mengoleksi 11 gelar juara di Liga Champions. Jumlah trofi Si Kuping Besar yang Madrid miliki lebih banyak empat titel, dibandingkan koleksi gelar AC Milan yang berada di urutan kedua.

5. Starting XI final Liga Champions musim ini bernilai 396 juta poundsterling atau setara dengan Rp 7,8 triliun, dengan rincian Real Madrid mencapai angka 315 juta poundsterling (Rp 6,2 triliun), dan skuat Atletico Madrid yang bernilai 81 juta poundsterling (Rp 1,6 triliun).

6. Sergio Ramos mencetak gol perdana di Liga Champions setelah terakhir kali mencatatkan namanya di papan skor pada laga final musiim 2014 kontra Atletico Madrid. Pemain Real Madrid itu juga adalah bek pertama yang mencetak gol dalam dua laga final Liga Champions.

Sumber: Opta, UEFA, Sky Sports Statto