PT Best Profit Futures Jambi

Best Profit Futures;Toko Online: Bisnis Tanpa Tatap Muka, Tanpa Jabat Tangan

Gambar 25

Best Profit Futures – Apapun alasannya, datangnya era online adalah suatu yang tidak dielakkan. Trend ini diikuti oleh maraknya perkembangan bisnis online, yakni bisnis yang dijalankan berbasis internet. Bisnis berbasis internet telah ‘menumbangkan’ batasan waktu dan wilayah. Anda bisa menjalankan bisnis di mana saja, melakukan transaksi kapan saja, mengirim produk atau barang ke mana saja, dan menerima pembayaran kapan saja. Anda bisa terhubung dengan konsumen dari mana saja.

Era toko online

Toko online adalah salah satu jenis bisnis online yang paling populer. Media toko online bisa digunakan untuk menawarkan aneka jenis produk, mulai dari fashion, elektronik, otomotif, obat-obatan, perangkat komputer, dan sebagainya. Ada ratusan, dan bahkan ribuan, toko online di internet. Bahkan, untuk satu kategori produk saja, misalnya baju murah, anda akan menemukan ratusan toko online yang menyediakan produk tersebut. Namun, tingginya persaingan tidak menghalangi para pelaku usaha online, baik pemain baru maupun veteran, untuk terjun ke bisnis ini.

Mengapa memilih toko online

Yang jelas, berbelanja secara online telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat modern, terutama golongan menengah ke atas. Tingginya mobilitas membuat orang tidak memiliki banyak waktu untuk ‘menjelajahi’ pasar demi mencari satu jenis produk saja. Ini adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Namun selain itu, ada banyak keuntungan lain dari bisnis online tipe ini, di antaranya:

  • Biaya pendirian yang jauh lebih murah

Bayangkan jika anda membuka sebuah toko di kota anda. Anda membutuhkan gedung toko yang representatif, sejumlah peralatan, barang dagang, karyawan dan sejenisnya. Semua ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan hingga ratusan juta. Anda yang berpendapatan atau bergaji pas-pasan mungkin tidak akan pernah bisa mewujudkan cita-cita untuk memiliki sebuah toko.

Namun, harapan itu bisa terwujud dengan toko online. Pembuatan toko online tidak membutuhkan dana puluhan juta. Bahkan, anda bisa membuat blog gratis untuk toko online. Toko online tidak membutuhkan mebel dan karyawan – anda menjadi manajer dan merangkap karyawan.

  • Jangkauan pemasaran lebih luas

Seperti diurai di atas, bisnis online tidak mengenal jarak dan batas wilayah. Anda bisa bertransaksi dengan siapa saja di seluruh dunia. Banyak media promosi online yang bisa anda manfaatkan, tentunya dengan harga yang jauh lebih murah.

  • Biaya operasional lebih murah

Tanpa karyawan, tanpa toko, tanpa peralatan, lalu biaya operasional apa yang harus anda bayar lagi? Anda hanya memerlukan biaya listrik, internet, dan seperangkat komputer. Selebihnya, anda bisa berurusan dengan fasilitas internet.

Anda mungkin bertanya, “Lalu, bagaimana dengan barang dagangannya? Bukankah itu membutuhkan biaya yang besar?” Di sinilah kelebihan lain dari usaha toko online. Memiliki toko tidak mesti berarti memiliki barang secara fisik. Banyak skema usaha yang bisa anda manfaatkan tanpa harus membeli barang atau menyediakan stock di rumah. Salah satunya adalah sistem reseller dan dropship. Dalam hal ini, anda hanya perlu menjualkan produk vendor lain dan mendapatkan komisi atau keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

Lalu, bukankah itu berarti toko online yang anda miliki adalah toko fiktif? Belum tentu. Anda mempromosikan produk yang tidak anda miliki, namun produk itu ada di tempat lain. Dalam hal ini, toko bisnis online anda berfungsi sebagai perantara. Namun tentu saja, bisnis online tidaklah bebas dari resiko. Banyak kisah seputar kegagalan toko online akibat penipuan dari pihak vendor maupun keluhan dari pihak konsumen karena kualitas produk yang tidak sesuai harapan. Jadi, jika serius ingin terjun di bidang ini, pastikan anda membangun relasi bisnis dengan vendor yang reputasinya tidak diragukan lagi.