PT Best Profit Futures Jambi

BOJ Kuroda: Saya Tidak Mencoba Untuk Pengaruhi Nilai Tukar Yen

Clipboard01Gubernur Bank of Japan, Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa dia tidak berusaha untuk mempengaruhi nilai tukar mata uang yen dalam pernyataannya pekan lalu yang mengirim mata uang naik terhadap dollar.

Kuroda pada pekan lalu mengatakan dalam sidang parlemen bahwa yen “tidak mungkin untuk melemah lebih lanjut dalam waktu efektif riil.” Pada hari ini dia mengatakan bahwa  tingkat efektif riil, yang mengukur yen dalam mempertimbangkan perdagangan, yang nilainya disesuaikan dengan inflasi, bukanlah indikator nilai tukar mata uang bilateral. Dia juga mengatakan pada hari Selasa bahwa dia tidak berniat untuk mengatakan bahwa dia tidak mencari yen yang lebih lemah.

Pernyataan Gubernur BOJ pada pekan lalu dirasakan oleh beberapa analis untuk mengurangi kemungkinan untuk pelonggaran moneter lebih lanjut, karena stimulus Jepang lebih lanjut biasanya akan melemahkan yen. Mereka juga menganggap itu sebagai hal yang tidak biasa karena pembuat kebijakan biasanya membatasi penilaian mereka terhadap nilai tukar untuk berikan komentar terhadap laju perubahan, bukan nilai.

Walaupun dengan adanya klarifikasi pada hari ini, yen masih lebih kuat daripada sebelum komentar Kuroda. Telah ada tanda-tanda bahwa pejabat Jepang tidak gembira dengan laju penurunan yen terhadap dollar dalam beberapa pekan terakhir, sebelulum gubernur berbicara pada Diet Rabu lalu. Menteri ekonomi pada tanggal 9 Juni telah mengatakan bahwa bergerak “tiba-tiba” tidak baik, dan menteri keuangan telah melihat pergerakan “kasar” pada mata uang.