PT Best Profit Futures Jambi

Bundesbank Pangkas Proyeksi Inflasi dan Pertumbuhan Jerman

monexnews_flag_germanBestprofit Futures – Bank sentral Jerman menurunkan proyeksi inflasi dan pertumbuhan negeri perekonomian terbesar Eropa seiring penurunan permintaan ekspor. Namun Bundesbank menilai permintaan konsumen yang kuat dan pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif akan mampu menopang perekonomian domestik.

Bundesbank mengestimasi Gross Domestic Product (GDP) Jerman akan bertumbuh pada 1,7% pada tahun ini, lebih rendah dibandingkan proyeksinya pada bulan Desember sebesar 1,8%. Pertumbuhan tahun depan bahkan mendpatkan pemangkasan lebih besar dari estimasi 1,7% menjadi 1,4%. Pertumbuhan ekonomi Jerman baru berpotensi kembali pulih di tahun 2018 dengan pertumbuhan pada 1,6%.

Inflasi Jerman diprediksi akan tetap lembah di tahun ini dengan proyeksi akan naik hanya 0,2% pada tahun 2016, terpacu menjadi 1,5% pada tahun 2017 lalu 1,7% pada tahun 2018.

Bagaimana pun juga, proyeksi positif untuk perekonomian Jerman akan bergantung pada kondisi ekspor yang lebih stabil, tambah Bundesbank dalam laporan laporan semi-tahunannya. Eksportir Jerman terpaksa “menyerahkan” beberapa pangsa pasarnya dalam beberapa tahun terakhir dan tren ini mungkin akan berlanjut pada tahun ini. (YS