PT Best Profit Futures Jambi

Calon-Calon ‘Perusak’ Avanza-Innova-Alphard Rilis Tahun Ini!

Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)
Foto: Hyundai Custo (Foto: Hyundai Beijing)

PT BESTPROFIT FUTURES JAMBI  Persaingan pasar mobil MPV di Indonesia yang terkenal gemuk tak pernah berakhir. Bahkan di tengah pandemi saat ini, bakal makin sengit persaingannya. Mobil-mobil 7 penumpang baru akan bermunculan dari segmen bawah, menegah, bahkan atas sampai penghujung tahun bahkan 2022 nanti. Ketiga segmen MPV ini selama ini dikuasai Avanza, Innova, dan Alphard.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) cukup agresif merilsi segmen MPV atas dengan nama Hyundai Staria, mobil ini merupakan pesaing langsung dari Toyota Alphard.

Pada Jumat (20/8/2021) Hyundai Staria meluncur siap berebut ceruk pasar dengan Toyota Alphard hingga Honda Odyssey di Indonesia. Ada dua jenis varian, pertama Model Staria Signature itu dibanderol seharga Rp 1,020.000.000 (On The Road/OTR Jakarta), lalu untuk Staria Signature dengan 9 seater dijual Rp 888.000.000 (OTR Jakarta).

Chief Operating Office (COO) Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun mengatakan rencananya dalam waktu dekat, pihak juga akan meluncurkan dua jenis mobil. Satu bermesin konventional Internal Combustion Engine (ICE) dan mobil listrik pada Maret 2022.

“Akhir tahun ini akan meluncurkan satu mobil ICE, dan untuk tahun depan mengeluarkan dua model. Satu ICE dan satu mobil listrik pada bulan Maret secara CKD (completely knock down) di Indonesia tahun depan mulai,” katanya Rabu (14/7/2021).

Hal ini memberikan titik terang soal spekulasi tentang peluncuran mobil baru di kelas low MPV, yang saat ini masih dirajai oleh Toyota Avanza.

“Iya MPV-nya mungkin tahun depan kali,” kata Vice President of Hyundai Motor Asia-Pacific Hong Kong, Lee Kang Hyun kepada CNBC Indonesia, dikutip Minggu (22/9/2021).

Lee menjawab itu saat ditanya potensi mobil MPV Stargazer bakal rilis dalam waktu dekat. Hyundai Stargazer digadang-gadang bakal mengaspal di pasar Indonesia dalam beberapa waktu ke depan sebagai pesaing Avanza. Namun, Lee tidak menyanggah atau menyetujui potensi calon saingan Avanza itu bakal hadir di Indonesia.

Calon Perusak Innova

Honda juga akan memperkenalkan mobil terbarunya, yakni Honda N7X, yang juga berpotensi menjadi pesaing baru bagi Toyota Avanza atau bahkan Toyota Kijang Innova. N7X Concept ini diperkenalkan di Main Atrium, Trans Studio Mall Bandung pada 10 – 13 Juni 2021 lalu.

Rencananya mobil ini akan dirilis untuk pasar Indonesia pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Namun seiring dengan mundurnya acara itu, peluncuran N7X pun akan ikut mundur. BESTPROFIT

“GIIAS N7X diundur lagi sampai November (2021). Memang saya pernah bicara N7X kita tunggu di GIIAS, pada dasarnya memang kami tetap mendukung GIIAS walau diundur sampai November dengan pengenalan produk di ajang ini,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy.

Dari spesifikanya, memang N7X lebih condong sebagai pesaing Innova dengan klaim dilengkapi fitur premium. Namun, saat bersamaan Hyundai pun ternyata punya senjata baru sebagai calon pesaing Innova.

Baru-baru ini Hyundai melahirkan mobil di kelas MPV yaitu Hyundai Custro. Penampakan Hyundai Custo sudah bocor di platform media sosial Weibo, mobil MPV ini pertama kali bakal dipasarkan di China. PT BESTPROFIT FUTURES
BPF

Laporan Autohindustantimes, mobil ini memiliki desain perpaduan antara SUV dan MPV. Grille depannya identik dengan Hyundai Alcazar dan Tucson. Lampu depannya sudah dilengkapi proyektor LED, serta day time running light (DRL) yang sama-samar seperti hiasan chrome.

MPV premium ini diprediksi bakal melantai dalam ajang Chengdu Auto Show yang digelar pada Agustus 2021.

Sumber: Jakarta, CNBC Indonesia