PT Best Profit Futures Jambi

China Akan Undang Palestina dan Israel untuk Gelar Perundingan Damai

china-akan-undang-palestina-dan-israel-untuk-gelar-perundingan-damai

Jambi – Pemerintah China berencana mengundang Palestina dan Israel untuk menggelar perundingan damai di China. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi kepada Al Arabiya pada Rabu.

Wang, yang memulai kunjungannya ke Timur Tengah pekan ini, juga menyuarakan dukungan untuk inisiatif Arab Saudi untuk mengakhiri perang di Yaman. Inisiatif ini diumumkan Menteri Luar Negeri Arab Saudi pada Senin.

China telah menawarkan diri beberapa kali di masa lalu sebagai alternatif AS untuk memfasilitasi mediasi antara Israel dan Palestina, untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung sejak lama.

“Kami akan mengundang tokoh masyarakat Palestina dan Israel untuk berunding di China,” jelas Wang, dikutip dari Al Arabiya, Kamis (25/3).

Wang tidak menjelaskan lebih lanjut, dan belum jelas apakah yang dimaksudkan juga adalah perwakilan pemerintah Israel dan Palestina.

Terkait konflik Yaman, Wang mengatakan: “Kami menyerukan implementasi inisiatif Saudi untuk penyelesaian di Yaman sesegera mungkin.”

Inisiatif perdamaian di Yaman yang diusulkan Saudi mencakup gencatan senjata nasional dan membuka kembali jalur perbatasan laut dan udara dengan wilayah yang dikuasai kelompok Huthi di Yaman. Namun, Huthi yang didukung Iran mengatakan tawaran itu jauh dari tuntutan mereka. [pan] pt.bpfjambi