PT Best Profit Futures Jambi

Data GDP Bagus, Indeks Utama Australia Tetap Koreksi

Diagram 1Hasil data pertumbuhan ekonomi Australia untuk periode kuartal I 2015 memang dirilis cukup kuat. Sayangnya pelaku pasar modal tidak menyambut baik rilis laporan tersebut. Indeks S&P/ASX 200 terpantau melemah sekitar 0,5% sebelum data GDP dirilis dan anjlok lagi 0,7% ke posisi 5596.4

Perekonomian Australia mencatat pertumbuhan triwulanan paling kuat dalam setahun terakhir berkat kenaikan tingkat belanja konsumen dan volume ekspor. Gross domestic product tumbuh sebesar 0,9% di kuartal pertama dibandingkan kuartal IV 2014, dan naik sebesar 2,3% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pengamat ekonom tadinya hanya memperkirakan laju pertumbuhan kuartalan sebesar 0,6% dan tahunan sebesar 2,1%.

Sayangnya hasil data yang apik itu tidak didukung oleh pergerakan indeks utama di pasar modal. Percepatan ekonomi justru dianggap sebagai faktor yang bisa mendorong berakhirnya periode pemangkasan suku bunga, menaikkan kurs Dollar Australia dan merangsang aksi jual investor asing. Pelaku pasar juga masih enggan mengoleksi aset berisiko karena krisis Yunani belum rampung dan harga komoditas belum kunjung pulih. Indeks acuan S&P/ASX 200 terlihat serba salah, melemah sebelum data dirilis dan anjlok lagi walau hasil laporan GDP cukup bagus. Indeks kini menapaki koreksi ke-3 secar beruntun. (dim)