PT Best Profit Futures Jambi

Data Pengangguran Jerman Menopang Pemulihan Euro

euro6Euro terapresiasi versus Dollar AS pada hari Kamis pasca data Jerman menunjukkan pengangguran berkurang sebanyak 5.000 menjadi 2.788.000, yang mematahkan prediksi penurunan sebanyak 4.000 dari para ekonom. Sedangkan tingkat pengangguran memenuhi ekspektasi dengan stabil di level 6,4%.

Data tersebut mengindikasikan bahwa kondisi pasar tenaga kerja Jerman tetap sehat, meskipun perlambatan terjadi di China dan pasar negara berkembang. Yang biasanya melukai ekspor Jerman. Data positif ini dirilis seminggu setelah Presiden European Central Bank Mario Draghi melontarkan komentar dovish, yang mengisyaratkan kesiapan bank sentral untuk memperpanjang atau memperluas QE dan bahkan mungkin memangkas suku bunga deposito zona Euro menyusul memburuknya prospek ekonomi.

Sementara indeks Dollar harus kembali tergelincir setelah rilis data GDP AS yang lebih rendah dari harapan, sehari setelah pernyataan hawkish dari Federal Reserve AS memicu rally tajam Greenback terhadap mata uang utama lainnya. (vid)