PT Best Profit Futures Jambi

Debat Capres: Prabowo Lebih Menarik, Joko Widodo Diuntungkan

253440_pengambilan-nomor-urut-calon-presiden-dan-wakil-presiden-pemilu-2014_663_382Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden akan beradu debat perdana pada hari ini, Senin 9 Juni 2014. Debat yang diprakarsai Komisi Pemilihan Umum itu akan bertemakan, ‘Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum’.

Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari, mengatakan bahwa debat pertama capres-cawapres ini akan sangat strategis. Apalagi, tema yang akan dibahas adalah masalah demokrasi, pemerintahan bersih, dan kepastian hukum.

Menurut Qodari, dalam beberapa survei Indobarometer, ketiga isu itu menjadi perhatian publik paling utama. Terutama, soal pemberantasan korupsi dan kepastian hukum.

“Sudah pasti, debat pertama ini akan ditunggu-tunggu masyarakat,” kata Qodari kepada VIVAnews.

Kedua Capres, kata Qodari, sama-sama memiliki keunggulan. Yang menarik, publik akan mendengar bagaimana Prabowo Subianto berbicara soal demokrasi dan komitmennya dalam mewujudkan pemerintah bersih. Sedangkan Joko Widodo, publik akan menunggu penampilan yang lebih argumentatif dari sebelumnya.

Sementara itu, dari sisi penampilan dan retorika, Qodari menilai Prabowo Subianto lebih menarik, terutama di kalangan elit. Namun, dari sisi konten Joko Widodo bisa jadi lebih diuntungkan.

“Dari sisi konten kan, tidak ada yang menyerang Joko Widodo tidak demokratis dan soal good governance. Saat jadi Wali Kota Solo, dia sudah menerapkan good governance. Tetapi, Prabowo meski belum berkarir di sipil, menarik kita tunggu apa terobosannya,” ujar Qodari.

Pada debat capres-cawapres perdana ini, Qodari mengaku belum dapat memprediksi siapa yang lebih unggul. Tapi bagi dia, publik pasti menunggu para capres itu bicara soal komitmennya dalam pemberantasan korupsi dan memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi.

“KPK sekarang ini kan, lembaga populer. Posisi KPK mau dibawa ke mana, seperti apa treatment-nya, saya rasa sikap mana yang lebih kena itu yang unggul,” tegasnya.