PT Best Profit Futures Jambi

Debat Cawapres Jadi Perhatian di Dunia Maya

258246_debat-cawapres-pilpres-2014_663_382Debat calon wakil presiden antara Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla, Minggu 29 Juni 2014, mendapat perhatian netizen dalam bentuk hashtag dukungan dan percakapan selama debat berlangsung.

Pendiri PoliticaWave Yose Rizal melalui rilis yang diterima VIVAnews, Senin 30 Juni 2014, mengemukakan, untuk Hatta ada beberapa hashtag, seperti #HattaWapresku, #BungHattaJuara, dan #PilihPrabowo.

“Sementara itu, hashtag untuk Jusuf Kalla antara lain #PintarPilih2, #Salam2Jari, dan #JokowiJK. Serta ada beberapa hashtag umum seperti #DebatCawapres, #DebatCapres, dan#DebatCapres2014. #PintarPilih2 dan #HattaWapresku berhasil masuk menjadi trending topic worldwide,” ujarnya.

Yose mengatakan, beberapa topik dalam debat berhasil mendapatkan respons besar dari netizen dan masuk menjadi trending topic worldwide, yaitu pembangunan SDM & IPTEK, Bung Hatta, IPTEK, pembangunan SDM, Pak JK, Indonesia Mengajar, Pak Hatta, Bonus Demografi, Wah JK, Prabowo duduk berdampingan, selama jeda debat, dan kasihan JK.

“Pada segmen satu ada beberapa topik dari Hatta yang menarik perhatian netizen, yaitu pendidikan gratis 12 tahun, mencerdaskan kehidupan bangsa dan kualitas SDM,” ungkapnya.

Sementara itu, beberapa topik dari Kalla yaitu sumber daya manusia, produktivitas dan mencerdaskan bangsa. Total percakapan tentang Hatta Rajasa sebanyak 2.133 percakapan dan Jusuf Kalla 16.946 percakapan. Net Sentimen (margin percakapan positif dan negatif) Hatta sebesar 301 dan Kalla 4.760. (art)

Sumber : viva.co.id