PT Best Profit Futures Jambi

Defisit Perdagangan Selandia Baru Melebar Di Bulan September

world map2Defisit perdagangan di Selandia Baru untuk bulan September semakin memburuk seiring adanya peningkatan impor, terutama dari China. Selandia Baru mencatatkan defisit perdagangan bulanan sebesar 1,2 miliar Dollar Selandia Baru pada bulan lalu dan defisit sebesar 3,2 miliar Dollar Selandia Baru untuk periode tahunan.

Beberapa produk ekspor Selandia Baru masih menarik minat konsumennya, terutama untuk produk daging, dengan kenaikan 2% menjadi 3,69 miliar Dollar Selandia Baru di bulan September, meski masih lebih rendah dari prediksi 3,9 miliar Dollar Selandia Baru oleh para ekonom. Produk ekspor utama, produk susu, menjadi beban terbesar perdagangan internasional Selandia baru. Pengiriman susu bubuk, mentega, dan keju turun 32% pada bulan lalu.

Sementara itu tingkat impor di bulan lalu turun 1,3% menjadi 4,91 miliar Dollar Selandia Baru, tapi masih lebih tinggi dari ekspektasi 4,78 miliar Dollar Selandia Baru. Menurut data biro statistik Selandia Baru, untuk periode tahunan impor barang dari China menyentuh rekor tertinggi baru 10 miliar Dollar Selandia Baru di bulan lalu, lebih besar 1,9% (1,6 miliar Dollar Selandia Baru) dibandingkan tahun lalu. (YS)