PT Best Profit Futures Jambi

Dollar AS Stabil Di Teritori Positif

oil1dDollar AS menguat ke level tinggi 1-bulan terhadap berbagai mata uang utama di hari Senin, setelah laporan inflasi AS dilaporkan naik lampaui estimasi sehingga menopang skenario kenaikan suku bunga The Fed di akhir tahun ini. Komentar Presiden Fed Janet Yellen bahwa bank sentral masih berencana menaikkan suku bunga di 2015 juga turut memperbaiki sentimen terhadap Dollar.

Ditengah volum perdagangan yang tipis karena sebagian besar bursa Eropa dan AS masih ditutup libur, indeks Dollar AS yang mengukur kinerja dollar terhadap berbagai mata uang lainnya, menguat 0.3 persen ke level tertinggi satu bulan. Sebaliknya mata uang Euro anjlok ke level terendah 1-bulan paska kemenangan partai anti-penghematan anggaran di Spanyol. Selain itu kecemasan Yunani untuk membayar hutang yang jatuh tempo bulan berikutnya turut membebani kinerja mata uang tunggal.

Kendati pemulihan ekonomi AS tidak sepesat yang diharapkan semula, sehingga ekspektasi kenaikan suku bunga di bulan Juni diundur menjadi bulan September atau bahkan lebih lama. Namun data yang dirilis bulan ini menjadi lebih baik dan menunjukkan bahwa ekonomi AS masih menunjukkan performa lebih baik dibanding zona Euro dan Jepang.