PT Best Profit Futures Jambi

Ekspektasi Hasil Produksi OPEC Tekan Harga Minyak

oil1dPasar minyak mentah kembali melemah pasca rally terbesar dalam sebulan terjadi di hari Jumat pekan lalu. Harga minyak mentah melemah di awal pekan seiring ekspektasi produksi OPEC akan tetap tinggi setelah adanya peningkatan di bulan Mei. Investor mencemaskan tingginya produksi OPEC akan menambah banjir persediaan minyak global sekaligus semakin menekan harga minyak. OPEC akan mengadakan pertemuan di Vienna pada hari Jumat, dan pasar memprediksi kartel minyak tesebut akan mempertahankan tingkat produksi di atas 30 juta barel per hari.

Menjelang akhir perdagangan hari Jumat, harga minyak mentah naik 5% dan menjadi rally terbesar dalam sebulan. Investor antusias menanggapi laporan produsen minyak AS yang menonaktifkan 13 rig selama pekan lalu, berdasarkan data yang dihimpun Baker Hughes. Ini menandai penurunan 25 pekan beruntun dan menjadi penurunan terbesar dalam empat pekan. Pelaku pasar berharap penurunan jumlah rig menjadi sinyal produsen tetap menahan laju produksi dan dampaknya turut menurunkan hasil produksi.

Pada pukul 10:50 WIB, harga minyak mentah berada di level $59.83 per barel, di dekat harga terendah harian $59.72 dengan level tertinggi harian $60.27. (YS)