PT Best Profit Futures Jambi

Emas Belum Manfaatkan Momentum Hindar Risiko

CollectHarga emas terpantau lemah pada sesi perdagangan Selasa (29/04). Logam mulia ini gagal memanfaatkan momentum hindar risiko yang terjadi di tengah bertambahnya sanksi untuk negara Rusia.

Kontrak emas bertengger pada posisi $1295.37 per ons pada sesi perdagangan elektronik, sedangkan perak berkutat di posisi $19.54 per ons. Keduanya cenderung melemah meskipun pelaku pasar sedang menghindari posisi transaksi di instrumen saham. Satu hari sebelumnya, emas berkisar di harga $1300 per ons.

Pun demikian, potensi kenaikan harga masih terbuka lebar karena investor akan lebih menyukai produk aman ketimbang aset berisiko. Dalam situasi ini, emas akan menjalankan perannya sebagai safe haven. Jatuhnya sanksi untuk Rusia semakin memperburuk hubungan antara negara Eropa Timur itu dengan Amerika dan sekutunya. Bahkan risiko konflik militer terbuka lebar karena pemerintah Moskow enggan melepaskan pengaruhnya di Ukraina. Sebanyak 7 orang pejabat Rusia dan 17 perusahaan terkena embargo yang dibuat oleh blok barat. Institusi maupun figur yang masuk dalam daftar hitam itu dianggap memiliki hubungan langsung dengan presiden Vladimir Putin.

Sumber : monexnews.com