PT Best Profit Futures Jambi

Emas Berfluktuasi Di Tengah Minimnya Petunjuk Perdagangan

29ef8f09f14f8317d4a0e0aa1c3f48c1Emas gagal memanfaatkan pelemahan Dollar AS dan indeks-indeks Asia dan cenderung mengikuti arah perdagangan minyak mentah yang terpaksa menghentikan rally 3-sesi beruntun. Investor mewaspadai harga minyak mentah, yang tertekan di bawah $38 per barel, karena emas dianggap berkorelasi positif dengan minyak karena dinilai sebagai pelindung terhadap inflasi yang dipicu pasar minyak.

Volume perdagangan yang tipis membuat perdagangan emas bergerak fluktuatif terlebih tidak ada data ekonomi AS yang akan dirilis hari ini. Harga emas biasanya bergerak lebih kencang merespon data AS yang cenderung searah dengan pergerakan mata uang domestik namun akan direspon negatif untuk emas.

Pagi ini harga emas sempat menyentuh harga terendah harian $1071.65 ketika pasar saham Shanghai Composite China dibuka turun, seperti mayoritas indeks-indeks Asia lainnya. Negara konsumen emas terbesar dunia, setelah India, ini mencatatkan penurunan laba industri sebesar 1,4% pada bulan lalu dibandingkan setahun sebelumnya. Ekspektasi perlambatan ekonomi China ini menjadikan investor emas mencemaskan akan ada penurunan permintaan emas dari Beijing. (YS)