PT Best Profit Futures Jambi

Emas Bergerak Tak Tentu Arah Seiring Ketidakpastian Stimulus QE

GoldandmoneyHarga Emas sempat diperdagangkan menguat di pembukaan sesi Wall Street namun akhirnya berbalik melorot ke teritori negatif sejauh ini diperdagangkan di level $1,288.04 per troy ons.

Pelemahan Emas dipicu oleh penguatan Dollar AS yang mengalami rebound dari level terendah dalam beberapa bulan terakhir, akibat aksi profit taking para investor pada posisi bearish Dollar setelah dirilis data jobless claims yang naik melampaui perkiraan.

Dari sisi kebijakan moneter, minimnya kucuran stimulus dari ECB dan BoJ dikombinasi pemangkasan stimulus oleh The Fed yang akan terus berlanjut juga turut menambah kebingungan para pelaku pasar dalam melakukan hedging pada logam mulia atau US Treasury.

Perkembangan krisis Ukraina – Russia juga masih belum menunjukkan kestabilan, setelah Putin menyatakan akan menarik mundur pasukannya dari perbatasan Ukraina yang dianggap dapat mengurangi konflik, namun pernyataan tersebut dibantah oleh pimpinan NATO yang menunjukkan bahwa belum ada indikasi penarikan mundur pasukan Russia tersebut sesuai pernyataan Putin.

Alhasil pergerakan Emas tak tentu arah, menunggu katalis selanjutnya. Terpantau sejauh ini harga spot Emas melemah -0.13% di level $1,287.92 per troy ons, setelah meraih titik tertinggi intraday di $1,295.20 dan level terendah hariannya di $1,285.15 per troy ons.