PT Best Profit Futures Jambi

Emas Flat Seiring Rebound Dollar

gold3Emas flat menyusul rebound Dollar AS yang menghapus pelemahan di sesi sebelumnya. Emas menutup perdagangan di level $1214.75 per troy ons, dengan level tertinggi harian $1224.18 dan level terendah harian $1213.43.

Emas sempat mendapatkan dukungan data survey non-manufaktur ISM yang turun di bulan Maret dan data tenaga kerja AS pekan lalu yang mengecewakan, menjadikan investor memproyeksikan Federal Reserve tidak akan terburu-buru menaikkan suku bunga. ISM melaporkan indeks non-manufaktur AS turun di bulan Maret, mengindikasikan sektor jasa tumbuh dengan laju yang lebih lambat. Bagi investor, data ekonomi yang lemah akan menunda kenaikan suku bunga. Penundaan ini ini positif untuk emas karena logam mulia sering digunakan memberikan lindung nilai (hedge) terhadap inflasi.

Pekan ini, investor emas akan menantikan FOMC meeting minutes yang dirilis Kamis dini hiri. Investor mengharapkan notulensi yang berisi detail pertemuan pejabat FOMC pertengahan bulan lalu akan memberikan petunjuk yang lebih jelas terkait kebijakan suku bunga bank sentral AS. Sinyal penundaan kenaikan suku bunga AS akan meningkatkan pesona aset non-bunga seperti emas. (YS)