PT Best Profit Futures Jambi

Emas Melemah, Namun Dekat Level Tinggi 4 Bulan

gold1best-pftf.com – Emas bergerak lebih rendah pada hari Senin karena investor menguangkan beberapa keuntungan mereka dari penguatan beberapa pekan yang lalu, namun harga masih bergerak di dekat level tertinggi empat bulan seiring volatilitas di pasar yang lebih luas masih berikan dukungan terhadap daya tarik emas sebagai aset haven dari resiko.

Pasar yang bergejolak setelah dirilisnya kebijakan yang tak terduga dari Swiss National Bank yang menghapus batasan nilai tukar franc pada pekan lalu telah berikan penawaran yang kuat untuk emas, yang sering dianggap sebagai aset alternatif terhadap aset beresiko.

Kebijakan tersebut mengirim harga emas ke level tertinggi sejak September di $1,218.50 pada hari Jumat. Di saat emas melemah pada hari Senin, para pedagang mengatakan bahwa emas masih mendapatkan dukungan di dekat level puncaknya karena pasar bersiap untuk volatilitas lebih lanjut dalam pekan yang kritis di zona Euro.

Faktor-faktor yang masih memberikan dukungan terhadap emas adalah ekspektasi yang cukup tinggi bahwa European Central Bank akan luncurkan paket stimulus pada pertemuan kebijakan pada hari Kamis,  selain itu partai Syiriza yang anti bailout yang masih mempertahankan keunggulannya dalam survei menjelang pemilu Yunani.

Harga emas spot turun sebesar 0.3% di $1,276.10/onz, sementara itu emas berjangka AS Februari turun sebesar 70 sen di $1,276.20/onz.

Afshin Nabavi, kepala perdagangan di MKS mengatakan bahwa saat ini ada sedikit aksi profit taking, dan ada sedikit penjualan fisik,  namun tidak terlalu besar juga, ini adalah yang pertama kalinya yang kami lihat pada level ini untuk saat ini, jadi orang-orang sedikit bersemangat.

Namun secara keseluruhan, emas berada di jalur yang tepat untuk mencapai level $1,300, dan jika mencapai area tersebut, kita akan melihat emas yang akan bergerak lebih tinggi lagi. Dengan peristiwa akhir-akhir ini, dan rasanya bahwa Eropa mungkin akan mulai menjalankan pelonggaran kuantitatif pada hari Kamis, emas telah kembali menjadi aset safe haven.