PT Best Profit Futures Jambi

Emas Terkoreksi Menjelang Pidato Gubernur Fed

cb287c3e5d7394473587f957fbfcf602Bestprofitn – Emas melemah, menutup rally terpanjang sejak tahun 2012, menantikan petunjuk waktu kenaikan suku bunga dari pidato Gubernur Federal Reserve dini hari nanti sambil mencerna pernyataan pejabat-pejabat Fed yang mensinyalkan kenaikan suku bunga akan dijalankan di tahun ini. Meskipun demikian, emas masih diperkirakan akan mengakhiri perdagangan dengan penguatan dua minggu beruntun. Emas bertahan di zona hijau merespon pernyataan hati-hati Fed usai pertemuan moneter pekan lalu.

Emas tidak banyak merespon data ekonomi AS pada hari Jumat, yang menunjukkan perekonomian AS melambat di tiga bulan terakhir tahun lalu dengan pertumbuhan kuartal IV tidak berubah dari kenaikan 2,2%. Begitu pula saat rilis data revisi sentimen konsumen AS oleh University of Michigan yang berada di level terendah 4-bulan.

Presiden Fed St. Louis dan Fed Atlanta pada hari Kamis mengatakan pengetatan moneter mungkin akan dibutuhkan seiring membaiknya perekonomian sejak krisis finansial di tahun 2007-2009. Bagi investor, kenaikan suku bunga akan menurunkan nilai aset non-bunga seperti emas.

Terpantau sejauh ini emas berada di kisaran $1198 per troy ons, dengan level terendah harian $1192.42 dan level tertinggi harian $1206.05. (YS)