PT Best Profit Futures Jambi

Emas Terpuruk Di Sesi Eropa, Hentikan Rally 3-Hari

bullish1cEmas berbalik melemah untuk pertama kalinya di pekan ini menyusul penguatan Dollar yang lebih optimis menjelang rilis data sektor ritel yang diprediksi akan pulih di bulan Mei. Emas cenderung rangebound di sesi Asia dan mulai terkerek lemah di sesi Eropa setelah China melaporkan data investasi aset tetap bulan Mei yang gagal memenuhi ekspektasi. Data ini mengindikasikan negara konsumen emas terbesar kedua dunia tersebut masih membutuhkan stimulus moneter demi mencapai pemulihan yang berkelanjutan.

Penguatan pasar saham menambahkan tekanan pada pasar emas. Adanya perkembangan positif dalam drama utang Yunani menjadikan investor lebih berani memasuki aset lebih berisiko seperti pasar saham dan sebaliknya melunturkan pesona emas sebagai aset safe haven.

Investor emas kini gugup menantikan dua data penting AS yaitu penjualan ritel untuk bulan Mei serta laporan mingguan klaim pengangguran. Penjualan ritel di bulan Mei diprediksi akan kembali naik setelah sempat stagnan di bulan April. Klaim pengangguran juga diprediksi masih akan berada di bawah 300.000 klaim. Data aktual yang lebih baik dari prediksi seharusnya dapat memberikan dorongan penguatan untuk Dollar AS dan sebaliknya menekan perdagangan emas.

Sampai dengan pukul 18:03 WIB, harga emas berada di level $1179.05 per troy ons di dekat level terendah harian $1178.49, dengan level tertinggi harian $1187.88. (YS)