PT Best Profit Futures Jambi

GDP Jepang Naik Lampaui Estimasi, Mr Abe Berpotensi Naikkan Pajak Penjualan Sesuai Rencana

Tokyo ExchangeBESTPROFIT FUTURES – Perekonomian Jepang rebound tajam di kwartal pertama tahun ini, sehingga menambah kerumitan atas pengambilan keputusan PM Shinzo Abe mengenai seberapa besar stimulus fiskal yang dibutuhkan Jepang serta terkait rencana kenaikan pajak penjualan.

Laju GDP Q1 menunjukkan ekspansi sebesar 1.7% dari kwartal sebelumnya, dibandingkan dengan Q4 yang mengalami kontraksi -1.7%. Sementara ekonom memperkirakan kenaikan laju GDP menjadi 0.3%.

Hasil laju GDP ini dirilis setelah serangkaian data ekonomi yang lemah dilaporkan bulan sebelumnya, termasuk juga kontraksi pada Q4 lalu, sehingga memacu ekspektasi bahwa Mr. Abe akan meluncurkan stimulus fiskal dan menunda rencana kenaikan pajak penjualan pada 2017. Kenaikan pajak serupa pada 2014 sempat disalahkan yang menjadi penyebab ekonomi terpuruk menuju resesi, namun Mr. Abe menyatakan bahwa rencana kenaikan pajak berikutnya masih sesuai jadwal terkecuali jika terdapat shock pada perekonomian bersamaan dengan krisis keuangan global mencuat.