PT Best Profit Futures Jambi

Gejolak Perdagangan Di China Mereda, Bursa Eropa Pulih

43536301b1b3f88040603d5a297f2ef0Bursa Eropa menguat mengikuti sentimen investor yang mulai beralih pada risk appetite setelah pengawas perdagangan China mengambil langkah untuk meredam kepanikan global. Pejabat perdagangan China memutuskan untuk menghentikan penggunaan sistem “circuit breaker” yang kontroversioal, menetapkan reference rate Yuan yang lebih tinggi, dan mengelola dana yang dikelola-pemerintah untuk membeli saham. Indeks Shanghai Composite raih keuntungan sampai dengan 2% dan sebaliknya valuasi aset-aset safe haven seperti Yen dan emas yang telah naik tajam dalam beberapa hari terakhir harus mengalah.

Harga minyak mentah juga pulih pada hari ini setelah sempat menyentuh level terendah hampir 12-tahun pada sesi kemarin, mendukung sentimen risk appetite. Namun valuasi sektor energi yang ada dalam indeks FTSE masih negatif seiring solidnya kecemasan terkait masih tingginya tingkat suplai global. Sektor pertambangan yang sensitif dengan kondisi China mencatatkan kenaikan signifikan, dipimpin penguatan 4,6% saham Glencore International.

Investor saham Eropa juga mengabaikan data-data sektor industri Jerman dan Perancis bulan November yang mengecewakan. Valuasi Euro melemah dan ini menjadi faktor positif untuk perdagangan saham eksportir yang mendominasi indeks DAX. Sektor otomotif membukukan keuntungan terbesar dalam pasar saham Jerman, dipimpin saham VW dengan kenaikan 3,26%. (YS)