PT Best Profit Futures Jambi

Hindari Kesalahan Pemula dalam Investasi Online

Article 95

Best Profit Futures – Jika Anda adalah seorang pemula dalam bidang investasi yang baru saja menjajaki berbagai kemungkinan, tawaran investasi online biasanya sangat menggiurkan. Betapa tidak? Jika deposito mungkin hanya memberi Anda keuntungan 2.5% sampai 5% per bulan, investasi tipe ini justru bisa memberi keuntungan 1% hingga 3% per hari! Investasi ini bahkan bisa dimulai dengan jumlah uang yang kecil yaitu puluhan ribu saja, walaupun semakin banyak modal yang dikeluarkan biasanya makin besar pula keuntungan yang akan diraih.

Investor pemula mana yang tidak akan tertarik dengan iming-iming seperti keuntungan jutaan rupiah per minggu hanya dengan membayar sejumlah uang? Dengan investasi yang hanya puluhan ribu sampai ratusan ribu saja, Anda sudah akan bisa mendapat hasil berlipat ganda yang cenderung singkat. Ada yang hasilnya bisa ditarik dalam waktu 3 bulan, ada yang 6 bulan, ada pula yang setahun. Hasilnya cenderung singkat dibandingkan dengan deposito atau saham.

Akibatnya, banyak di antara investor pemula yang tergiur keuntungan cepat dan bertindak ceroboh dalam memilih investasi online. Keuntungan yang sudah dibayangkan pun akhirnya lenyap karena terlalu terburu-buru dalam memilih jenis investasi serta memilih jenis tindakan yang dilakukan ketika menginvestasikan uang mereka. Bukannya untung, banyak di antara investor ini yang kehilangan uang bahkan menjadi berhutang.

Kesalahan Pemula yang Harus Dihindari

Sebenarnya masih banyak perusahaan investasi online yang memberikan keuntungan pada nasabah, entah itu forex, investasi berbunga atau emas berjangka. Hanya saja, dalam pelaksanaannya, investor memang harus waspada. Berikut adalah beberapa kesalahan pemula yang sebaiknya tidak dilakukan ketika memilih dan memutuskan untuk berinvestasi online:

  • Menginvestasikan Semua Uang.

Dalam mengelola dana pribadi, memang sebaiknya dana investasi dipisahkan dari dana sehari-hari serta dana darurat. Akan tetapi, hal itu bukan berarti Anda bisa ceroboh dalam hal menggunakannya. Banyak investor pemula yang berpikir bahwa dana investasi harusnya hanya diinvestasikan pada investasi paling menguntungkan. Yang benar adalah mendistribusikan dana investasi pada jenis investasi berbeda (diversifikasi investasi). Jika melakukan ini, kalaupun investasi tersebut ternyata tak menghasilkan, tak semua uang akan hilang.

  • Tidak Membuat Target Jumlah Investasi

Idealnya, karena beresiko tinggi, investasi online yang berupa bunga sebaiknya hanya dijadikan investasi jangka pendek. Misalnya, Anda mungkin membuat target investasi hingga uang Anda bertambah jumlahnya menjadi 10 juta, lalu tarik semuanya. Hal ini untuk mencegah makin banyak uang yang menguap gara-gara perusahaan tak sanggup mengelola dana investasi nasabahnya. Para pemula seringkali bertindak sembrono dan bahkan serakah, yaitu menginvestasikan uang tanpa rencana batas jumlah investasi. Akibatnya, belum sempat menarik hasil investasi, uang mereka ternyata keburu amblas karena perusahaaan investasi ternyata tak sanggup membayarnya.

  • Terus Menumpuk Modal

Banyak investor pemula yang tak sabaran dan terus menumpuk modal investasi dengan harapan mendapat keuntungan ekstra, padahal mereka belum lagi mencapai jumlah break event point dari investasi sebelumnya. Hal ini berbahaya karena bisa membuat kerugian makin besar; sebaiknya setelah investasi sekali, tunggu sampai ada pembayaran konstan sampai BEP, lalu mungkin Anda bisa lebihkan sedikit dan tarik keuntungannya tiap kali keluar.

Akhirnya, selalu hindari menggunakan uang hasil meminjam uang orang lain atau menggadaikan aset sebagai modal investasi online. Jika keuntungannya tak seperti yang diharapkan, Anda akan mengalami kesulitan mengembalikannya dan Anda bisa terjebak dalam lilitan hutang bahkan masalah yang lebih berat.