PT Best Profit Futures Jambi

Ini langkah Pertamina bantu korban bencana gempa Lombok

PT BESTPROFIT – PT Pertamina (Persero) menyalurkan bantuan Liquefied Petroleum Gas atau LPG untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar gas dapur umum yang dibangun di posko-posko penanganan bencana gempa bumi Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, bantuan bahan bakar gas yang disalurkan berupa tabung bright gas kemasan 12 kilogram sebanyak 50 tabung, dan bright gas kemasan 5,5 kg sebanyak 50 tabung.

Bantuan disebar ke beberapa lokasi, yakni sebanyak 14 tabung di dapur umum PLN, lima tabung di dapur umum TNI, 20 tabung di Posko Utama Tanjung, 20 tabung di Posko Kayangan, 20 tabung di Posko Gangga, dan 21 tabung di Posko Pemenang (Dapur Umum Pertamina).

“Kami memberikan dukungan penuh untuk warga Lombok yang terdampak gempa bumi. Mulai dari Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, dan Lombok Barat,” ujar Nicke dikutip dari Antara, Selasa (14/8).

Guru besar Universitas Indonesia (UI), Budyatna mengapresiasi berbagai upaya Pertamina dalam membantu meringankan beban korban gempa bumi di Lombok. Menurut Budyatna, seharusnya semua elemen masyarakat memang bahu-membahu menunjukkan empati. BEST PROFIT

“Bagus kalau ada BUMN seperti itu. Harusnya bisa menjadi contoh elemen bangsa yang lain,” kata Budyatna.

Menurut Budyatna, gempa Lombok memang harus menjadi perhatian semua pihak. Tidak hanya dilihat dari kekuatan gempa yang dahsyat serta kerusakan yang diakibatkan, namun juga banyaknya korban meninggal dunia. “Ini gempa yang sangat luar biasa. Akibatnya juga sangat luar biasa,” kata dia.

Itu sebabnya, Budyatna berharap bahwa empati yang dilakukan Pertamina bisa mengetuk pintu hati banyak pihak. Sebab, yang terjadi saat ini justru sebaliknya. Yaitu, lebih banyak tokoh berbicara di layar kaca dari pada melakukan upaya nyata. “Politisi dan orang-orang kaya, jangan diam saja,” ujarnya.

Pasca gempa bumi dahsyat di Lombok, Pertamina memang melakukan gerak cepat dalam memberikan bantuan dan pelayanan. Termasuk di antaranya, ketika BUMN tersebut tetap menyalurkan BBM dan LPG di saat suasana masih mencekam. Dari 60 SPBU di Nusa Tenggara Barat (NTB), seluruhnya mendapat pasokan BBM secara penuh dari Pertamina. BESTPROFIT

Bahkan, SPBU Pertamina 54.833.09 di Kayangan, Lombok Utara yang merupakan wilayah terparah terdampak gempa karena dekat dengan pusat gempa, juga telah melayani BBM seperti biasa. SPBU ini berlokasi cukup strategis dan sudah menggelontorkan 8.000 liter produk BBM jenis Pertalite dan Premium.

Selain tetap melayani masyarakat, Pertamina juga gencar memberikan bantuan kemanusiaan, seperti sembako, alat kelengkapan tidur, dan tenda pengungsi. Selain itu, juga bantuan operasional ambulance dan LPG untuk dapur umum di lokasi pengungsian, serta bantuan kesehatan yakni dengan menerjunkan tenaga medis dan psikiater di lokasi pengungsian.

Sumber: merdeka.com