PT Best Profit Futures Jambi

Inilah 5 Alasan Italia Sukses Pecundangi Spanyol

Bestprofit – Tidak terasa pagelaran Euro 2016 sudah mulai mendekati akhirnya. Kompetisi antar negara-negara Eropa baru saja menyelesaikan babak 16 besar dan pada akhir pekan nanti akan memulai fase babak perempat final.

Babak 16 besar Euro kali ini menghadirkan banyak kejutan, di mana beberapa tim yang diunggulkan seperti Inggris dan Spanyol gagal melaju ke babak perempat final setelah tumbang di babak 16 besar. Untuk kasus Spanyol, mereka memang berhadapan dengan salah satu tim kuat yaitu Italia.

Jika melihat sejarah pertemuan kedua tim, Spanyol diunggulkan untuk memenangkan laga tersebut. Ditambah dengan status sebagai juara bertahan membuat anak asuh Vicente Del Bosque difavoritkan untuk melaju ke babak Perempat Final Euro 2016.

Antonio Conte sendiri bisa disebut sebagai ‘otak’ dari keberhasilan Italia mengalahkan Spanyol pada laga ini, di mana mantan arsitek Juventus ini sukses meramu taktik yang tidak bisa diantisipasi oleh kubu Spanyol. Bolanet setidaknya melihat ada 5 hal yang membuat Antonio Conte sukses membawa Skuat Gli Azzurri menumbangkan sang juara bertahan. Apa saja hal-hal tersebut?

1. Serangan Kejutan Conte

Pada pertandingan yang digelar di Stade De France kemarin, jika Bolaneters perhatikan ada yang berbeda dengan gaya bermain Giorginio Chiellini dkk saat menghadapi Spanyol. Italia yang selama ini terkenal mengandalkan strategi Cattenacio yang cenderung bertahan malah tampil impresif dalam menyerang sehingga mampu memberikan kejutan kepada kubu La Furia Roja.

Sebagai seorang pelatih, Vicente Del Bosque nampaknya tidak mempersiapkan timnya untuk menghadapi Italia yang tampil menyerang. Hal ini terlihat dari statistik pertandingan yang menyebutkan bahwa Italia melepaskan 11 tembakan di mana 7 tembakannya merupakan tembakan tepat sasaran. Meski bermain menyerang, Italia juga bertahan dengan sempurna, di mana dari 14 tembakan yang dilesakkan Spanyol hanya 2 tembakan saja yang mengenai sasaran.

2. Kerja sama dan komunikasi yang efektif.

Pada awal digelarnya Euro 2016 ini hanya sedikit pihak yang menjagokan Italia dapat menjadi juara pada Turnamen Empat tahunan ini. Hal ini dikarenakan skuat Gli Azzurri tidak diperkuat oleh banyak nama-nama bintang seperti halnya tim-tim top Eropa lainnya.

Meski tidak diperkuat oleh banyak pemain bintang, Performa Italia selama Euro ini tergolong cukup apik. Salah satu aspek yang menjadi kekuatan Italia adalah kerja sama antar timnya. Hal ini terlihat dari bagusnya komunikasi dan koordinasi antar lini sehingga pada saat bertahan para pemain menyerang ikut membantu dan begitu pula sebaliknya, sehingga Spanyol kesulitan meladeni transisi serangan dan bertahan Italia yang disipli.

3. Banyak berlari.

Mungkin poin ketiga ini tidak terlihat secara kasat mata pada pertandingan kemarin. Akan tetapi menurut catatan statistik yang dilansir oleh UEFA, pemain-pemain Italia merupakan pemain yang paling banyak bergerak selama pertandingan kemarin, bahkan sepanjang Euro 2016 ini.

Menurut catatan statistik UEFA, pada pertandingan tadi malam Timnas Italia secara akumulatif berlari sebanyak 117,8 KM atau rata-rata setiap pemain berlari sebanyak 10,71 km. Angka ini jauh lebih baik daripada Spanyol yang tercatat hanya berlari secara total 110 Km atau rata-rata 10 Km per pertandingan.

Lanjut disini..