PT Best Profit Futures Jambi

Intervensi Melemahkan Franc Buat SNB Diduga Alami Kerugian Besar

forex major7Swiss National Bank (SNB) mengatakan pada hari Jumat (8/1) bahwa bank diekspektasikan akan membukukan rekor kerugian terbesar pada tahun lalu. Kerugian 23 miliar Franc Swiss ($23.05 miliar) pada tahun 2015 terjadi karena fluktuasi mata uang domestik membuat bank sentral bekerja keras menahan penguatan tajam Franc. Kondisi ini membuat ekonom menduga Presiden Thomas Jordan akan lebih hati-hati untuk mengintervensi pasar mata uang.

SNB aktif dalam pasar mata uang selama tahun 2015, mencoba melemahkan Franc setelah valuasinya meroket terhadap Euro ketika SNB menghapuskan kebijakan membatasi mata uang menjadi 1.20 terhadap Euro pada bulan Januari tahun lalu. Kerugian ini merupakan yang terbesar sejak bank sentral didirikan di tahun 1907 dan berkemungkinan akan membuat pelaku industri semakin menekan Presiden Jordan karena penguatan Franc telah melukai ekspor Swiss. Perekonomian Swiss memiliki ketergantungan besar pada aktivitas ekspor dan area Euro merupakan target dagang utama eksportir Swiss.

SNB mengatakan ekspektasi kerugian sekitar 20 miliar Franc dari posisi cadangan devisanya, merefleksikan penurunan valuasi dari mata uang cadangan Euro-nya. Euro saat ini diperdagangkan di level 1.08 terhadap Franc, masih jauh dari level 1.20 pada Januari tahun lalu. Dalam beberapa hari terakhir, Franc menjadi salah satu incaran investor yang dirundung sentimen risk averson. Pada akhir bulan September, Euro mengisi sekitar 42% investasi mata uang SNB, disusul posisi Dollar AS sebesar 33%. (YS)