PT Best Profit Futures Jambi

Best Profit : Jeruk Raksasa Hebohkan Warga Boyolali

Best Profit Futures Jambi

PT Bestprofit Futures Jambi

Best Profit : Warga Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dihebohkan dengan munculnya jeruk raksasa. Jeruk ini ‘tertanam’ di Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Jeruk raksasa itu hadir di halaman Pemkab itu dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang berlangsung 28-30 Oktober 2016.

“Jeruk manis ini dari Pacitan, bakal jadi daya tarik bagi masyarakat Boyolali,” kata Kepala Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika Balitbang Joko Susilo Utomo, mengutip laman timlo.net, Minggu 30 Oktober 2016.

Diakuinya, dalam pembuatan jeruk raksasa ini timnya menghabiskan 500 kilogram buah jeruk manis. Di mana dalam satu kilogramnya berisi 6-8 buah. Jika ditotal-total maka dapat menghabiskan 3.000-4.000 buah jeruk.

Selain jeruk manis, Balitbang juga memamerkan 13 varietas jeruk nusantara lainnya. Seperti, jeruk siam Pontianak, keprok batu 55, keprok gayo, keprok kalamondin, keprok Manado dan lain-lain.

“Jeruk nusantara keunggulanya bisa beradaptasi dimanapun, artinya bisa ditanam dimanapun,” kata Joko.

Dijelaskannya, pesebaran varietas jeruk nusantara paling banyak ditemukan di Sumatera Utara dan Banyuwangi. Untuk di Jawa Tengah sendiri hanya ada varietas jeruk keprok Tawangmangu.

“Jeruk kita tidak bakal kalah bersaing dengan jeruk impor. Impor jeruk di Indonesia saat ini sudah mencapai 300.000 ton per tahun. Namun konsumsi jeruk di masyarakat masih sangat rendah,” ungkapnya.

Diharapkan, dengan kehadiran jeruk nusantara di Jawa Tengah ini dapat menarik petani untuk bertanam jeruk. Apalagi selama ini, jeruk impor masih membanjiri pasar lokal.

 

PT Best Profit Futures