PT Best Profit Futures Jambi

Korut Kembali Muntahkan Rudal

east1Bestprofit – Menteri Pertahanan Jepang Gen Nakatani mengatakan pada Rabu (3/8/2016) bahwa peluncuran rudal oleh Korea Utara merupakan ancaman serius bagi keamanan Jepang.

Pasukan pertahanan negara Jepang tetap siaga mengantisipasi kemungkinan serangan lebih jauh dari Korea Utara.

Pihak Militer Korea Selatan mengatakan negara tetangganya tersebut kembali meluncurkan rudal pada Rabu (3/8/2016) dari wilayah di sebelah barat ke arah lepas pantai timur .

Pejabat Korea Selatan juga menyebut peluncuran rudal terbaru oleh Korea utara menunjukkan ambisi negara tersebut untuk menyerang negara-negara tetangganya.

Rudal tersebut diduga merupakan rudal jarak menengah nerjenis Rodong dan terbang dengan jarak 1.000 km.

SENGKETA LAUT CHINA SELATAN: Jepang Ungkap Kekhawatiran Mendalam

Bestprofit – Tinjauan Tahunan atas Pertahanan Jepang pada Selasa (2/8/2016), mengungkapkan kekhawatiran mendalam atas tindakan China yang diangap sebagai pemaksaan seiring dengan sikap negara tersebut yang memandang rendah putusan pengadilan internasional.

Penyingkapan buku putih pertahanan Jepang dilakukan ditengah meningkatnya ketegangan di wilayah Asia dalam waktu kurang dari sebulan terakhir setelah pengadilan arbitrase di Den Haag mengeluarkan putusannya terkait klaim China atas wilayah Laut China Selatan.

China menolak untuk mengakui putusan tersebut. Sementara itu, Jepang menyerukan agar China tunduk pada putusan yang disebut mengikat.

Dalam tinjauan keamanan yang disetujui oleh Perdana Menteri Shinzo Abe, Jepang mengingatkan bahwa sikap bebal China atas hukum internasional bisa berbuah konsekuensi yang tidak diinginkan.

“China siap memenuhi permintaan sepihaknya tanpa kompromi,” sebut pemerintah dalam tinjauan seperti yang dikutip dari Reuters, Selasa (2/8/2016).

Sementara itu, lembaga berita  resmi China mengutuk tinjauan tersebut karena disebut melebih-lebihkan teori ancaman China..

“Tujuan sebenarnya dari dokumen ini adalah untuk menodai citra China, merusak perdamaian, dan melemahkan pengaruh internasional China yang bertumbuh,” sebut lembaga berita tersebut dalam sebuah komentar berbahasa Inggris.

China mengklaim hampir keseluruhan wilayah Laut Chian Selatan yang juga diklaim oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwam. Dan Vietnam.

Sebenarnya, Jepang bukanlah bagain dari negara yang bersengketa di Laut China Selatan. Namun, negara tersebut takut basis militer Chinan akan meningkatkan pengaruh Beijing di wilayah yang dilalui kargo senilai US$5 triliun setiap tahuntersebut karena banyak kargo tersebut berasal dari pelabuhan-pelabuhan Jepang.

– Bestprofit