PT Best Profit Futures Jambi

Kospi Optimis Respon GDP Kuartal Pertama

price board5Indeks Korea Selatan menguat bersama indeks-indeks utama Asia lain setelah peningkatan investasi konstruksi berhasil memacu ekspansi perekonomian di kuartal pertama. Data Produk Domestik Bruto (GDP) Korea Selatan dapat meredakan ketakutan akan kelesuan ekspor yang diterjang kompetitor yaitu pelemahan Yen Jepang. Penurunan ekspor merupakan ketakutan bagi rencana pemulihan negeri Ginseng yang bergantung pada tingkat ekspor.

GDP Korea Selatan naik 0,8% di kuartal pertama dibandingkan kuartal akhir tahun lalu. Dibandingkan tahun sebelumnya, negara perekonomian terbesar keempat Asia ini bertumbuh 2,5%, terangkat dari kenaikan 2,4% di periode sebelumnya.

Untuk faktor korporat, perusahaan-perusahaan yang berafiliasi dengan Samsung Group membuka jalan penguatan bursa. Saham Samsung Electronics naik 3,85%, Cheil Industries gain 4,95%, dan Samsung C&T melesat 7,94%.

Usai dibuka menguat 0,36%, pada pukul 9:35 WIB indeks spot Kospi berada di level 2081.49 atau naik 0,89% disertai indeks Kospi Futures yang naik 0,85% di level 265.55. (YS)