PT Best Profit Futures Jambi

Libur Natal, Ini Rekayasa jika “Brexit” Macet Panjang

Kondisi pintu keluar Gandulan di Jalan Tol Brebes (Kaligangsa) - Gringsing (Batang), Jumat (23/6/2017).

PT BESTPROFIT – Polda Jawa Tengah mulai mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan panjang di pintu keluar (Exit) Tol di Kaligangsa, Kabupaten Brebes, Jateng saat libur Natal dan tahun baru 2018.

Untuk antisipasi itu, Polda Jawa Tengah menyiapkan rekayasa lalu lintas agar kemacetan tak menumpuk di jalan tol.

“Masalah lalu lintas dimungkinkan terjadi kepadatan di ‘ Brexit’ (saat Natal),” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, seusai apel Natal dan Tahun Baru tingkat Jateng di Kota Tegal, Kamis (21/12/2017) kemarin.

Kepadatan lalu lintas mungkin terjadi lantaran jalan alternatif mudik yang digunakan saat Lebaran lalu saat ini sedang dikerjakan.

Oleh karenanya, pintu jalan tol terakhir yang dilalui pemudik dari Jakarta yaitu di Exit Toll Kaligangsa di Brebes Timur.

Meksi diprediksi volume kendaraan meningkat, Polda menilai kenaikan kendaraan tidak terlalu signifikan.

BEST PROFIT “Tapi volumenya tidak seperi Lebaran lalu. Langkah kita koordinasi dengan Polda Jabar dan DKI,” ujar mantan Kakorlantas Polri ini.

Untuk menjamin kelancaran lalu lintas, Polda melakukan antisipasi kemacetan. Pertama, jika antrean kendaraan pemudik di Exit Toll Brebes Timur lebih dari 1 kilometer, maka kendaraan akan diarahkan atau dikeluarkan di pintu tol sebelumnya, baik di Jateng maupun di Jawa Barat.

“Kalau antrian di Brexit sudah 1 kilometer, di Jabar akan dikeluarkan ke arah Pantura,” tambahnya.

Selain jalur Pantura, Jalur selatan juga diantisipasi beberapa titik kemacetan. Untuk di titik siaga, polisi memasang posko dan barikade untuk menghindari adanya kecelakaan.

Kapolri Polisi Tito Karnavian bahkan pada Kamis siang harinya ikut mengecek kesiapan jajarannya dalam operasi Natal dan tahun baru 2018.

Saat pengecekan, Tito sempat memberi pengarahan selama lebih 1 jam di ruang rapat di pintu tol keluar Brebes Timur di Kaligangsa, Kabupaten Brebes. BESTPROFIT

Selain Tito, hadir dalam tinjauan Natal dan Tahun Baru Asisten Operasi Kapolri Irjen M Iriawan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Ari Setiadi Moerwanto.

Ada juga Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro Mayjend Wuryanto, General Manager Pertamina MOT IV Yanuar Budi Hartanto, serta para Kapolres terkait.

Sebelum kunjungan Kapolri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga telah memimpin apel terkahir untuk memastikan kesiapan terkahir di alun-alun balaikota Tegal, Jawa Tengah.

Sumber: kompas.com