PT Best Profit Futures Jambi

Market Movers: Data Manufaktur, Penggerak Pasar Hari Ini

Global Currencies

Global Currencies

Indeks Dollar AS masih bertahan di atas kisaran 97.00. Namun pada Jumat pekan lalu, indeks sempat tertekan deras ke area 96.30 setelah data Employment Cost Index kuartal ke-2 AS hanya mengalami kenaikan 0,2% yang terendah 1982. Data ini menunjukkan pertumbuhan gaji yang rendah di AS yang bisa menurunkan tingkat inflasi. Namun sepanjang data tenaga kerja AS masih impresif, Bank Sentral AS masih dalam jalur kenaikan suku bunganya yang pertama tahun ini.

Pagi ini, rata-rata pergerakan indeks saham Asia mendapatkan tekanan turun. Efek dari data PMI Manufaktur China yang di bawah ekspektasi pasar dan kemungkinan kenaikan suku bunga AS memberikan sentimen negatif ke indeks saham.

Hari ini beberapa data Manufaktur PMI juga akan menjadi market mover seperti data dari Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat (AS). Data ini menggambarkan kesehatan aktivitas manufaktur yang menopang pertumbuhan ekonomi. Data yang melebihi ekspektasi bisa mendorong penguatan nilai tukar.

AS juga akan merilis data Core PCE Price Index yang merupakan salah satu indikator inflasi selain data CPI. Data ini mungkin bisa mendorong pergerakan dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http://www.monexnews.com/calendar/homeCalendar.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm