PT Best Profit Futures Jambi

Market Movers: Dollar AS Konsolidasi Jelang Hasil Rapat Moneter Fed

major currency1Indeks dollar AS terkoreksi kemarin ke kisaran 99 dari kisaran 100. Menjelang hasil rapat moneter Bank Sentral AS (Fed) tampaknya nilai tukar dollar AS melakukan konsolidasi. Data-data ekonomi AS yang dirilis semalam turut menekan dollar AS. Data indeks aktivitas manufaktur di New York dan data produksi industri AS dirilis lebih buruk dari perkiraan pasar.

Pagi tadi notulen rapat moneter Bank Sentral Australia (RBA) telah dirilis. Dari notulen tersebut, RBA masih memberi peluang untuk melakukan pemangkasan suku bunga lagi tahun ini. Hal tersebut mendorong pelemahan nilai tukar dollar Australia.

Indeks saham berjangka Asia bisa mendapatkan momentum positif dari berita mengenai kemungkinan pelonggaran moneter dan stimulus ekonomi yang akan dilakukan oleh China untuk mendorong pertumbuhan ekonominya. Kemarin, PM China, Li Keqiang mengindikasikan hal tersebut dalam rapat Kongres Nasional China. Indeks saham berjangka Asia juga mendapatkan sentimen positif dari pelemahan nilai tukar kawasan tersebut terhadap dollar AS karena pelemahan nilai tukar akan menopang ekspor dari kawasan ini.

Jam 10.00 WIB tadi, Bank Sentral Jepang (BOJ) telah merilis hasil rapat moneternya. BOJ tidak mengubah kebijakan moneternya dan tetap menyuntikan likuiditas sebesar 80 triliun yen per tahun ke perekonomian. BOJ akan mengadakan konferensi pers siang ini.

Sore ini, ZEW akan merilis survei sentimen ekonomi untuk Jerman dan wilayah Zona Euro bulan Maret. Data ini akan menjadi perhatian pelaku pasar karena mengindikasikan pandangan para pelaku bisnis mengenai outlook ekonomi Jerman dan Zona Euro dalam 6 bulan ke depan. Nilai tukar euro bisa menguat untuk sementara waktu bila data ini dirilis lebih bagus dari proyeksi pasar.

Sementara malam hari, AS akan merilis data Ijin Membangun bulan Februari dimana diperkirakan telah dirilis 1,07 juta ijin selama 12 bulan terakhir. Hasil yang di bawah proyeksi bisa memberi tekanan kembali untuk nilai tukar dollar AS.