PT Best Profit Futures Jambi

Market Movers: Pasar Menantikan Data NFP AS

trading1Pusat-pusat pasar keuangan dunia kebanyakan tutup hari ini memperingati hari Good Friday (Jumat Agung). Indeks Dollar AS tertekan turun kemarin malam ke kisaran 97.33. Kemungkinan para pelaku pasar mengantisipasi pelemahan angka Non-farm Payrolls (NFP) Jumat malam ini dan hari libur Good Friday. Rendahnya angka NFP versi ADP (di bawah angka 200 ribu) yang dirilis pada hari Rabu lalu memicu ekspektasi angka NFP pemerintah yang dirilis nanti malam juga rendah. Konsensus para analis untuk data NFP malam ini adalah 246 ribu pekerja.  Angka NFP yang di bawah 200 ribu berpotensi menekan turun pergerakan dollar AS.

Padahal dua data ekonomi AS yang dirilis semalam tergolong bagus. Data Neraca Perdagangan AS bulan Februari mengalami penurunan defisit dibandingkan bulan sebelumnya, -$35,4 milyar vs -$42,7 milyar. Selain itu, data Klaim Tunjangan Pengangguran dirilis lebih rendah dari ekspektasi yaitu 268 ribu klaim vs 288 ribu klaim.

Selain data NFP, pasar juga akan merespon data tenaga kerja AS lainnya yaitu data Tingkat Pengangguran dan data Rata-rata Pendapatan Per Jam bulan Maret yang masing-masing diprediksi 5,5% dan 0,2%.