PT Best Profit Futures Jambi

Meski Koreksi, Indeks Shanghai Cetak Gain 3 Pekan Beruntun

profit

profit

Bursa saham Shanghai, China mengakhiri hari Jumat dengan pelemahan. Tetapi jika dihitung secara mingguan, indeks utama Tiongkok masih mampu mempertahankan penguatan selama 3 pekan beruntun.

Shanghai Composite Index ditutup turun 1,3% ke 4070.91, sekaligus menandai rally enam hari secara beruntun dan mengakhiri pekan dengan lonjakan 2,9%. Secara total, indeks Shanghai sudah mencetak kenaikan 16,1% dari posisi terendahnya selama musim aksi jual tanggal 8 Juli. Hari ini indeks yang lebih kecil, yaitu Shenzhen, juga berakhir melemah 1,3% ke 2322.71.

Sebagian besar analis menilai koreksi terjadi karena investor mencairkan keuntungan yang sudah didapatnya selama 5 hari terakhir. Ada kemungkinan pemerintah segera menerbitkan aturan baru untuk menstabilkan gejolak yang belakangan ini sering terjadi di pasar saham.

Salah satu data yang dicerna oleh investor hari Jumat adalah laporan aktivitas manufaktur China (preliminary), di mana angkanya anjlok ke posisi terendah dalam 15 bulan terakhir. Fakta itu kembali membuka peluang adanya pelonggaran moneter baru di semester II 2015.

Beberapa pakar saham meyakini indeks Shanghai mampu menembus level psikologis 4500 dalam jangka pendek menengah. Adapun nilai margin trading, yang merupakan faktor utama di balik volatilitas indeks Shanghai, sudah turun 36% dari rekor tertinggi 2,3 triliun di 18 Juni 2015 menjadi 1,5 triliun Yuan kemarin. (dim)