PT Best Profit Futures Jambi

Nikkei Susul Bursa Eropa dan AS

bullish1bSetelah menguat di awal pekan kemarin, bursa saham Jepang berbalik melemah pada perdagangan hari ini, mengikuti pelemahan bursa Eropa dan AS. Yen yang melemah ke level 120 per dollar juga gagal mendongkrak kinerja indeks utama Nikkei.

Meski Yunani telah membayar hutang kepada IMF pada hari Senin kemarin, namun pesimisme akan kondisi keuangan negara tersebut masih membayangi pasar modal. Ditambah dengan aksi sell off Treasury AS membuat bursa saham AS melemah pada perdagangan Senin.

Dari lantai bursa, saham Softbank Corp. sempat menguat di awal perdagangan setelah melaporkan earning lebih baik dari estimasi, namun berbalik melemah 0,8%. Bridgestone Corp. merosot 5,2% setelah melaporkan penurunan laba bersih dan laba operasi. Semenntara Toshiba Corp. yang pada perdagangan Senin anjlok 17% kembali melanjutkan penurunan 3,9%. Sebaliknya Sharp Corp. berhasil menguat 5,3% setelah menukik 26% pada hari Senin.

Indeks utama Nikkei melemah 0,41% menjadi 19539,50. Sementara Nikkei Futures diperdagangkan dikisaran 19550 pada pukul 07.57 WIB. (pap)