PT Best Profit Futures Jambi

Nissan Berencana Beli 34 Persen Saham Mitsubishi Motors

Nissan Self DrivingBESTPROFIT FUTURES – Perusahaan asal Jepang, Nissan Motors Co menyatakan di hari Kamis akan membeli 34 persen saham Mitsubishi Motors Corp senilai $2.18 milyar, dan menjadi pemegang saham mayoritas setelah adanya skandal pada Mitsubishi terkait pemalsuan data keiritan bensin.

Nissan memperkirakan dapat meraih kesepakatan akhir pada 25 Mei. CEO Nissan Carlos Ghosn memberikan komentar dalam konferensi pers akan tetap menjaga brand Mitsubishi Motors dan membantu perusahaan tersebut menghadapi tantangan kedepanya, terutama mengembalikan kepercayaan konsumen dalam kinerja ekonomis bahan bakar.

Mitsubishi sendiri sejauh ini mengalami penurunan penjualan dan kenaikan biaya setelah mengakui di bulan April lalu telah memalsukan data terkait ekonomis bensin dalam 4 model minicar yang dijual di Jepang. Dua model diantaranya diproduksi oleh Mitsubishi dan dijual dalam nama brand Nissan.

Nissan juga melaporkan kenaikan laba tahunan menjadi 523.8 milyar Yen, naik dari 457.6 milyar Yen tahun sebelumnya akibat laju penjualan yang solid di AS dan China mengimbangi pelambatan penjualan di negara emerging.