PT Best Profit Futures Jambi

Optimisme Kuroda Angkat Yen

yen-usdollar-euroGubernur Bank of Japan, Haruhiko Kuroda, memberikan sinyal belum akan menambah stimulus moneter setelah mengatakan optimis target inflasi akan tercapai pada tahun fiskal. Meski menegaskan siap menambah stimulus moneter jika dibutuhkan, namun dalam konferensi pers hari ini, Kuroda mengatakan target inflasi 2% kemungkinan akan tercapai pada tahun fiskal saat ini jika harga minyak menunjukkan kenaikan secara bertahap.

Kemerostan harga minyak dikatakan menjadi penyebab menurunnya inflasi Jepang. BOJ memperkirakan inflasi yang tidak memperhitungkan dampak kenaikan pajak penjualan akan berada pada kisaran 0% dalam beberapa bulan kedepean, sebelum akhirnya berakselerasi.

Sementara itu anggota dewan BOJ, Takahide Kiuchi, mengusulkan pemangkasan monetary base menjadi ¥45 triliun, namun delapan anggota lainnya memilih tetap mempertahankan sebesar ¥80 triliun.

Optimisme Kuroda tersebut membuat yen menguat, USDJPY menyentuh level 119.68 pada pukul 14.20 menjauhi level tertinggi harian 120.33 (platform Monex Trader). (pap)