PT Best Profit Futures Jambi

Outlook Ekonomi AS Terus Tekan Emas

EMAS-2Emas memperpanjang penuruan pada perdagangan kemarin, setelah Federal Reserve kembali memangkas stimulus moneter, dan memberikan outlook ekonomi AS yang optimis, meski pertumbuhan ekonomi AS naik tipis pada kuartal pertama.

Departemen Perdagangan AS merilis estimasi awal produk domestik bruto AS pada kuartal I tumbuh sebesar 0,1% dari tahun sebelumnya, jauh di bawah estimasi dari yang rata-rata memberikan angka 1,2%, serta PDB pada kuartal sebelumnya sebesar 2,6%. PDB pada kuartal I tersebut juga merupakan yang terendah sejak kuartal IV 2012. Meski demikian Fed masih optimis akan kekuatan ekonomi AS setelah data-data ekonomi yang dirilis belakangan terlihat positif, termasuk data tenaga kerja AS. Rendahnya pertumbuhan ekonomi AS di kuartal I kemungkinan besar disebabkan akibat musim dingin ekstrim yang melanda AS.

Sejak bulan Desember 2008 sampai Juni 2011 emas telah melonjak 70% setelah Federal Reserve mengucurkan stimulus moneter, dan memangkas tingkat suku bunga ke rekor terendah. Tahun lalu emas anjlok 28% akibat spekulasi Fed akan mengurangi program stimulus moneter, sementara sepanjang tahun ini emas masih menguat 7,5% anjloknya bursa saham dan melambatnya ekonomi AS pada awal tahun, serta ketegangan geopolitik yang terjadi antara Ukraina dan Rusia.

Sementara itu SPDR Gold Trust, ETF berbasis emas terbesar di dunia, kembali melaporkan outflow sebesar 4,19 ton menjadi 787,95 ton pada hari Rabu, menjadi yang terbesar sejak 16 April.

Emas saat ini diperdagangkan pada kisaran $1.283,99 per toy ons, dengan level tertinggi $1.292,77 dan terendah $1.279.38.  (pap)