PT Best Profit Futures Jambi

Palu Dewa Thor dari Abad ke-10 Ditemukan di Eropa

258485_jimat-palu-dewa-thor_663_382VIVAnews – Sebuah palu kecil ditemukan di Lolland Kepulauan Denmark. Yang membuat istimewa, palu ini mirip dengan senjata andalan milik Dewa Thor.

Palu ini berbentuk kecil. Ukurannya mirip sebuah liontin yang selalu dikalungkan di leher. Usia palu itu diprediksi cukup tua, berasal dari abad ke-10. Sepertinya liontin palu Dewa Thor ini digunakan sebagai jimat di zamannya.

Dilansir melalui Past Horizons, Selasa 1 Juli 2014, lebih dari 1.000 jimat palu seperti ini ditemukan di sepanjang Eropa Utara. Namun, liontin yang ditemukan di Lolland inilah satu-satunya yang memiliki ukiran tersembunyi.

Tim arkeolog yang meneliti temuan ini menganggap, liontin berbentuk palu ini berfungsi sebagai jimat. Jimat ini mirip dengan Mjolnir, palu yang dimiliki oleh Dewa Thor. Pasukan Viking di zamannya, baik pria maupun wanita, seringkali menggunakan liontin palu Thor sebagai jimat perlindungan.

“Yang menjadikannya berharga adalah jimat ini dianggap memiliki kekuatan perlindungan terhadap orang yang memakainya. Seringkali liontin palu ini digunakan berdampingan dengan salib milik umat Kristen. Diharapkan palu dan salib bisa memberikan perlindungan ganda bagi pemakainya,” ujar arkeolog dari Museum Nasional Denmark, Peter Chentz.

Objek ini terbuat dari perunggu, memiliki pelat perak yang tipis, ada juga pelat emas di sekitarnya. Pentz sangat senang, karena objek serupa palu ini memiliki skrip di dalanya. Tulisan itu memastikan bahwa jimat palu ini benar-benar menggambarkan palu milik Dewa Thor.

Selama bertahun-tahun, mereka ragu dengan teori ini. Sebab, jimat ini terlalu kecil untuk bisa dijadikan palu Dewa. Namun, tulisan dalam jimat tersebut menjelaskan itu semua. Prasasti dalam palu itu bertuliskan Hmar x is (This is Hammer).

Panjang palu itu hanya sekitar 3 sampai 7 milimeter. Menurut Pentz, belum pasti juga tulisan dalam palu itu. Pentz masih mencari kemungkinan adanya perbedaan arti dalam tulisan tersebut. Sebab, tulisan tersebut sangat kecil dan permukaannya berkarat akibat usianya yang mencapai 1.100 tahun.

Data museum arkeologi Lolland mengatakan ada sekitar 1.000 jimat kuno yang berbentuk palu Dewa Thor. Jimat ini tersebar di Skandinavia, Inggris, Rusia, dan Baltik. Jimat itu berfungsi sebagai pelindung bagi para pemakainya. (asp)