PT Best Profit Futures Jambi

Partner Utama Australia Beri Sentimen Negatif Aussie

gbp3Setelah berhasil menghentikan penurunan dalam lima pekan beruntun pada minggu lalu, aussie kini kembali melemah terhadap dollar di perdagangan pertama bulan Agustus. China yang merupakan mitra dagang utama Australia memberikan sentimen negatif sejak akhir pekan lalu.

Aktivitas manufaktur China kembali melambat di bulan Juli, isu pelambatan ekonomi terbesar kedua tersebut kembali membayangi pergerakan aussie, namun pelaku pasar sedikti lega setelah mulai stabilnya pasar saham China.

Data dari Pemerintah China yang dirilis pada akhir pekan kemarin menunjukkan indeks aktivitas manufaktur bulan Juli menurun menjadi 50,0, dari bulan sebelumnya sebesar 50,2. Ekonom sebelumnya memperkirakan aktivitas manufaktur tersebut akan tetap sebesar 50,2. Sementara itu, indeks final aktivitas manufaktur versi Caixin, berkontraksi lebih dalam dan menyentuh level terendah dua tahun, sebesar 47,8, dibandingkan dengan rilis awal pertengahan Juli lalu sebesar 48,2. Sampel survei yang digunakan oleh Caixin lebih kecil dari versi Pemerintah China.

AUDUSD diperdagangkan dikisaran 0.7300 pada pukul 09.25 WIB, dengan level tertinggi harian 0.7314, setelah sempat menyentuh level terendah harian 0.7290 (platform Monex Trader). (pap/Monex)