PT Best Profit Futures Jambi

Pasar Nantikan Serangkaian Data Penting dan Pertemuan OPEC

monexnews_currency2_usdBestprofit Futures – Mata uang yen lanjutkan penguatannya dari kemarin setelah anjloknya indeks saham Nikkei serta kecewanya investor terhadap Shinzo Abe yang tidak berikan rincian terhadap paket stimulus selanjutnya setelah dia menyatakan untuk menunda kenaikan pajak penjualan hingga Oktober 2019. Penguatan mata uang  yen terlihat terbatas mengingat masih tingginya ekspektasi terhadap kenaikan suku bunga AS karena nanti malam perilisan data tenaga kerja dari ADP diperkirakan akan menunjukkan hasil yang optimis di dalam perekonomian Amerika Serikat.

Indeks saham Asia dibuka dengan lebih rendah, dengan indeks saham Nikkei turun lebih dari 1% pada awal jam perdagangan dibalik penguatan yen. Untuk indeks Nikkei, penguatan mata uang yen dipandang negatif oleh investor karena memperlemah pendapatan perusahaan eksportir ketika mereka mengkonversikan ke mata uang domestik. Selain itu pelemahan indeks juga dibebani oleh penurunan harga minyak yang masih dalam tekanan sebelum pertemuan OPEC pada hari ini.

Harga emas menguat tipis pada awal perdagangan hari Kamis, setelah semalam mengalami koreksi karena data manufaktur AS semalam yang hasilnya cukup menggembirakan untuk perekonomian AS. Harga emas berpeluang semakin tertekan karena data tenaga kerja AS diperkirakan akan menunjukkan ekspansi ekonomi mengingat jumlah tenaga kerja diperkirakan akan bertambah, yang mana itu berarti akan menjadi penguatan untuk dollar dan berikan tekanan terhadap harga emas.