PT Best Profit Futures Jambi

Pemulihan Dollar Memupus Penguatan Emas

29ef8f09f14f8317d4a0e0aa1c3f48c1Sempat terapresiasi hingga 1% di awal sesi, emas harus ditutup sedikit melemah pada hari Senin seiring pemulihan Dollar AS. Harapan kenaikan suku bunga Federal Reserve kembali menopang mata uang AS, membuat daya tarik aset non-yield seperti bullion meredup.

Sebelumnya, logam mulia sempat menyentuh level di atas $1.200 pasca komentar Presiden Fed Boston Eric Rosengren mengikis estimasi waktu kenaikan suku bunga. Dalam pidato di depan kelompok usaha, Rosengren menyatakan keraguan jika pelemahan di kuartal pertama lebih disebabkan oleh faktor temporer. Rosengren menambahkan bahwa Fed tidak bisa menaikkan suku bunga hanya berdasarkan proyeksi yang lebih baik.

Investor juga terus memonitor perkembangan di Yunani. Memburuknya krisis hutang Yunani berpotensi memicu permintaan untuk emas koin dan batangan. Logam mulia ini sering digunakan sebagai lindung nilai terhadap resiko politik dan keuangan, meskipun dampak dari kekhawatiran politik biasanya hanya berumur pendek. (vid)