PT Best Profit Futures Jambi

Penguatan Dollar Tekan Perdagangan Emas

1-dollarEmas kesulitan kembali ke level atas $1200/ons di hari Jumat dengan penguatan Dollar AS yang mendekati level tertinggi 11-tahun seiring ekspektasi kuatnya data tenaga kerja dan kenaikan suku bunga AS. Pasar keuangan fokus pada data US non-farm payrolld (NFP) yang akan dilaporkan malam nanti untuk mengukur kondisi perekonomian AS dan potensi dampak data pada waktu untuk Federal Reserve akhirnya menaikkan suku bunga acuan.

Hasil survei terhadap analis yang dilakukan Reuters memprediksi jumlah tenaga kerja AS akan bertambah sebanyak 240.000 di bulan Februari dan tingkat pengangguran akan turun menjadi 5,6% dari 5,7% di bulan lalu. Pasar yakin laporan yang positif akan meyakinkan bank sentral As untuk lebih cepat menaikkan suku bunga AS. Kenaikan suku bunga akan menggerus permintaan untuk aset non-bunga seperti emas dan memicu penguatan Dollar AS.

Dollar AS bertahan di dekat level tertinggi 11-tahun terhadap mata uang utama di awal sesi hari Jumat mengantisipasi data positif tenaga kerja AS. Pelemahan Euro juga menopang penguatan Dollar, yang terus terbebani setelah European Central bank mengatakan akan memulai program pembelian-obligasi senilai 1 triliun Euro pada awal pekan depan.

Emas diperdagangkan terbatas di hari jumat, kini berada di level $1197.02, dengan level tertinggi harian $1200.61 dan level terendah harian 1196.13. (YS)