PT Best Profit Futures Jambi

Poundsterling Sentuh Level Tinggi 10-Pekan vs Euro

usdollar3Poundsterling menanjak ke level tertinggi 10-pekan terhadap Euro di hari Kamis sebelum akhirnya terkoreksi melemah, akibat sinyal The Fed bahwa kenaikan suku bunga di bulan Desember masih terbuka peluang, sehingga mempengaruhi ekspektasi kenaikan suku bunga bank sentral Inggris.

Penyataan The Fed tersebut sangat kontras dengan ECB di pekan lalu yang menyatakan sedang mempersiapkan pelonggaran moneter lebih lanjut, melampaui program 1.1 trilyun Euro saat ini untuk menunjang pemulihan ekonomi di zona Euro. Alhasil, Sterling meroket ke level tertinggi sejak 20 Agustus, karena para investor juga merubah ekspektasi bahwa BoE akan menaikkan suku bunga lebih cepat di Q3 2016, dibanding estimasi semula di Q4.

Bank sentral Inggris dijadwalkan akan mengadakan rapat moneter di pekan depan, sebelumnya sempat menyatakan tidak perlu menunggu The Fed sebelum menaikkan suku bunga acuan, namun kebanyakan investor meragukan tindakan tersebut, dimana BoE kemungkinan tidak akan mengambil resiko untuk bertindak lebih awal.

Di pertengahan 2014, setelah Gubernur BoE Mark Carney menyatakan suku bunga acuan dapat saja dinaikkan lebih awal dibanding estimasi semula, Poundsterling meroket ke level tertinggi 7-tahun, tidak jauh dari level $1.72, suatu level dimana kepala strategis currency Morgan Stanley, Ian Stannard memperkirakan bahwa bank sentral tidak menginginkan level tersebut tersentuh lagi.