PT Best Profit Futures Jambi

PT Bestprofit : 5 Hal Unik ‘Ratu Horor’ Suzanna

PT Bestprofit Futures Jambi

PT Bestprofit Futures Jambi

PT Bestprofit – Suzzanna Martha Frederika Van Osch atau yang lebih populer dengan nama Suzanna, artis senior yang telah meninggal ini lahir di Bogor, 13 Oktober 1942.

Suzanna meninggal pada usianya yang ke 66 tahun tepatnya pada 15 oktober 2008 karena penyakit diabetes yang telah lama ia derita.

Image Suzanna terkenal dengan film horor yang sering dibintanginya, seperti film Bernafas Dalam Lumpur tahun 1970 dan film legendaris Beranak Dalam Kubur yang mulai tayang pada tahun 1971.

Ternyata banyak hal unik dari Suzanna yang belum diketahui oleh banyak orang.

Inilah hal menarik tentang artis yang terkenal dengan kemistisannya.

1. Memulai Kariernya dari Film Drama

Ratu horor ini memulai kariernya dengan memenangkan kontes “Tiga Dara” dan diaudisi oleh Usmar Ismail.

Film pertama yang diperankan Suzanna adalah film Asrama Daradi produksi tahun 1958 yang merupakan film drama musikal.

Film-film berikutnya seperti Bertamasja, Mira, Antara Timur dan Barat, sampai Tuan Tanah Kedawung produksi tahun 1970, semuanya adalah film drama.

Suzanna baru memulai mmbintangi film horor pada tahun 1970 yakni Bernafas Dalam Lumpur, kemudian dilanjutkan dengan film legendaris yang berjudul Beranak Dalam kubur pada tahun 1971.

2. Usmar Ismail, Penemu Bakat Suzanna

Usmar ismail atau yang biasa kita kenal dengan bapak perfilman nasiaonal, ternyata dia lah yang menemukan bakat Suzanna.

Pada tahun 1956, Usmar Ismail membuat film Tiga Dara yang dibintangi Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak.

Film ini pun laris sehingga mendapat sambutan baik dari para penontonnya, untuk melanjutkan kesuksesan film tersebut, Usmar Ismail membuat Asrama Dara di tahun 1958 yang melibatkan Suzanna sebagai pemainnya.

3. Pemeran Wanita Terbaik FFI

Bungsu dari lima bersaudara yang berdarah Jerman-Belanda-Jawa-Manado ini juga meraih gelar Aktris Terpopuler se-Asia saat Festival Film Asia Pasifik di Seoul tahun 1972.

Suzanna diunggulkan pertama kali sewaktu berperan sebagai Maria, si janda beranak satu dalam film Pulau Cintaproduksi tahun 1978.

4. Selain Berakting, Suzanna Pernah Jajal Dunia Tarik Suara

Selain berakting di depan kamera, wanita yang suka makan bunga bungaan ini juga pernah juga menjajal dunia tarik suara.

5. Menyepi Ke Kampung Halaman

Memasuki era 90-an, kondisi perfilman Indonesia berada di ambang kematian banyak film yang diproduksi dengan baik makin susah ditemui.

Di masa inilah Suzanna mulai mundur dari dunia perfilman, film terakhir yang dibintanginya adalah Ajian Laut Ratu Kidul pada tahun 1991.

Sesudah itu Suzanna bersama keluarganya menyepi ke kampung halamannya di Magelang, Jawa Tengah.

Di sana Suzanna banyak menghabiskan waktu untuk bertani atau berkebun.

Namun Suzanna kembali bermain film pada tahun 2003.

Di usianya yang menginjak 61 tahun Suzzanna berbinar lagi di Sinetron Selma dan Ular Siluman yang tayang di RCTI serta Misteri Sebuah Guci di SCTV.

Kemudian pada awal tahun 2008, Suzzanna bermain dalam film Hantu Ambulance, yang sekaligus merupakan film terakhir yang dibintanginya.(Sdq/PT Bestprofit)