PT Best Profit Futures Jambi

RBA Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Tahun 2015-2016

australia indonesiaBank sentral Australia menurunkan proyeksi pertumbuhan, memprediksi kenaikan angka pengangguran, dan menyatakan kesiapan untuk menyesuaikan kebijakan jika diperlukan seiring kegagalan belanja sektor bisnis dalam mendorong perekonomian. Kondisi China, mitra dagang utama Australia, yang tengah berjuang menjalankan transisi ekonomi juga turut mendatangkan tekanan.

“Dewan kebijakan akan terus memantau prospek dan menyesuaikan kebijakan jika diperlukan untuk mendorong pertumbuhan permintaan yang berkelanjutan,” menurut Reserve Bank of Australia dalam pernyataan kebijakan moneter kuartalan yang dirilis hari Jumat. “Pertumbuhan ekonomi Australia kemungkinan masih akan tertahan pada kecepatan di bawah rata-rata untuk jangka waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan estimasi sebelumnya.”

RBA memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Australia untuk tahun 2015 dan tahun 2016 sebesar setengah persen dari proyeksi bulan Februari, menjadi berkisar antara 2% sampai 3%. Ekspansi ekonomi diprediksi baru akan menguat di atas kecepatan rata-rata pada periode 12 bulan hingga Juni 2017. Sementara inflasi diperkirakan masih akan berada di kisaran target bank sentral atau sedikit di bawah target. (vid)