PT Best Profit Futures Jambi

Rencana Toyota Tanamkan Investasi di Uber

Toyota-LogoBestprofit Futures – Saham Toyota Motor Corp. melonjak hampir 2% pada sesi perdagangan hari Rabu setelah mengatakan akan melakukan investasi strategis di Uber Technologies Inc., sebagai upaya menyesuaikan diri dengan pertumbuhan pesat dalam industri transportasi berbasis aplikasi. Saham eksportir kendaraan ini juga diuntungkan oleh pelemahan mata uang yen versus dollar AS.

Dalam kerjasama tersebut, Toyota juga akan menawarkan sewa mobil untuk driver Uber. Namun seorang nara sumber mengatakan bahwa nilai investasi yang ditanamkan Toyota relatif masih kecil, dan raksasa otomotif Jepang nampaknya tidak berminat untuk mengambil porsi yang lebih besar dalam perusahaan penyedia layanan pemesanan transportasi berbasis aplikasi tersebut. Terkait jumlah investasi, sejauh ini baik Toyota maupun Uber masih menolak untuk memberikan komentar.

Dalam menyikapi perkembangan teknologi, produsen-produsen mobil terus berlomba mengembangkan aliansi dengan layanan pemesanan transportasi berbasis aplikasi yang diharapkan akan dapat membantu mendongkrak angka penjualan. Gett Inc., rival Uber di Tel Aviv, pada hari Selasa lalu mengatakan telah menerima investasi senilai $300 juta dari Volkswagen AG Jerman. Sedangan Didi ChuXing, penyedia layanan serupa di China, pada bulan ini telah mendapat kucuran dana investasi hingga $1 milyar dari Apple Inc. yang tengah menggarap proyek mobilnya.