PT Best Profit Futures Jambi

Saham Teknologi Melesat, Nasdaq Berakhir di Level Tertinggi Dua Bulan.

usdollar1Bursa saham AS menguat tajam di hari Jumat setelah bank sentral China kembali menurunkan suku bunga dan tiga raksasa teknologi melaporkan laba yang apik. Wall Street dibuka menguat tajam, dan melanjutkan penguatan di perdagangan siang, hingga indeks Nasdaq berakhir di level tertinggi sejak 19 Agustus.

Bank sentral China (PBOC) menurunkan suku bunga sebanyak enam kali sejak November tahun lalu, tingkat suku bunga acuan kembali diturunkan sebesar 25 basis poin dan saat ini menjadi 4,35%, berlaku efektif mulai 24 Oktober. PBOC juga menurunkan giro wajib minimum.

Laporan earning masih berlanjut, termasuk tiga nama besar di bidang teknologi, Alphabet, Amazon dan Microsoft, yang mencetak laba lebih tinggi dari estimasi analis. Alphabet melaporkan laba 14 sen lebih tinggi dari estimasi analis, Amazon melaporkan laba per lembar saham sebesar 17 sen, sementara pasar memperkirakan Amazon akan mengalami kerugian sebesar 13 sen.

Microsoft melaporkan Laba yang telah disesuaikan sebesar 67 sen per lembar saham dan pendapatan setelah penyesuaian sebesar $21,7 milyar. Analis yang disurvei Thomson Reuters sebelumnya memberikan estimasi laba 59 sen per lembar saham, dengan pendapatan $21,03 milyar.

Indeks Nasdaq memimpin rally sebesar 2,3% menjadi 5.031,86, disusul dengan S&P 500 yang menguat 1,1% menjadi 2.075,16. Indeks Dow Jones naik 0,9% menjadi 17.646,97. (pap/Monex)